Pengaruh kualitas pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di MA Darul Ulum Semarang tahun ajaran 2021/2022
Nuryani, Anggi (2021) Pengaruh kualitas pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di MA Darul Ulum Semarang tahun ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
1703016008_ANGGI NURYANI_FULL SKRIPSI - Anggi Nuryani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Skripsi ini mengulas Pengaruh Kualitas Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA Darul Ulum Semarang Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah Pengaruh Kualitas Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MA Darul Ulum Semarang Tahun Ajaran 2021/2022.
Jenis riset ialah dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun pengolahan data menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan menggunakan aplikasi SPSS 22 for windows. Populasi terdiri 165 siswa serta menggunakan teknik simple random sampling dengan Kelas yang terpilih untuk penelitian ialah kelas X IPA berjumlah 29 siswa dan kelas X IPS berjumlah 30 siswa jadi jumlah total seluruh sampel 59 siswa.
Hasil analisis menunjukkan tidak terdapat Pengaruh Kualitas Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MA Darul Ulum Semarang Tahun Ajaran 2021/2022. Hal ini dibuktikan dari hasil Uji F pada tabel anova, diperoleh F sebesar 0,772 lalu dikonsultasikan dengan harga Ftabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 4,01. Karena F = 0,772 < Ft0,05 = 4,01 maknanya Ho diterima dan Ha ditolak. Dan dapat juga dilihat pada nilai signifikansinya, nilai sig. yaitu 0,383. Karena nilai sig. 0,383 > 0,05 maka Ho diterima dan Ha ditolak.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi sumbangan bagi pihak sekolah agar semakin meningkatkan kualitas faktor lain yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Disamping itu, pihak sekolah sayogyanya juga harus berkoordinasi lebih banyak lagi kepada orang tua siswa supaya mampu memberikan instruksi yang tepat kepada anak didik atas dasar kelemahan belajar yang diinformasikan oleh pihak sekolah kepada orang tua.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas pembelajaran daring; Hasil belajar dan sejarah kebudayaan islam. |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ukhtiya Zulfa |
Date Deposited: | 16 Jul 2022 01:40 |
Last Modified: | 16 Jul 2022 01:40 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16370 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year