Peran pondok pesantren dalam pembentukan karakter sosial santri Pondok Pesantren Al-Ma’rufiyyah Semarang

Pamungkas, Putra (2021) Peran pondok pesantren dalam pembentukan karakter sosial santri Pondok Pesantren Al-Ma’rufiyyah Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1706026028_Putra_Pamungkas] Text (Skripsi_1706026028_Putra_Pamungkas)
Skripsi_1706026028_Putra_Pamungkas.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan memang menjadi hal paling inti dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Tetapi bukan hanya sekadar pendidikan yang menjadikan manusia dapat menjadi manusia yang baik, karena diperlukan akhlaq yang baik pula untuk menyempurnakan kualitas manusia. Pendidikan karakter menjadi bagian penting dalam membangun dan membentuk karakter pada diri manusia agar tidak hanya menjadi manusia yang berakal, tetapi juga berakhlaq. Hal ini sama dengan fokus pondok pesantren dalam membentuk karakter bagi santrinya agar menjadi santri yang sesuai dengan ajaran Islam dan memiliki cerminan teladan Rasulullah saw.
Penelitian ini akan menjawab permasalahan bagaimana bentuk interaksi pondok pesan al-Ma’rufiyyah Semarang dalam mendidik santri ? Bagaimana peranan pembentukan karakter pada santri al-Ma’rufiyyah Semarang ?
Penelitian ini dilakukan di pondok pesantren al-Ma’rufiyyah Semarang dengan menggunakan penelitian yang bersifat kualitatif dan menggunakan pendekatan naratif deskriptif, dengan tujuan untuk melihat dan menggambarkan peran pondok pesantren dalam pembentukan pendidikan karakter santri, yang kemudian dianalisis melalui fakta yang ada di lapangan dan dikaitkan dengan teori peran (role theory) Biddle. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data didapatkan kemudian dilakukan analisis dengan melalui beberapa tahapan yakni, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pondok pesantren al-Ma’rufiyyah menggunakan metode pengajaran kitab kuning dan pemberian teladan di lingkungan pondok. Penanaman karakter dapat terbentuk karena memiliki interaksi yang baik antara kyai dan para santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pondok pesantren; Pendidikan karakter; Santri; Karakter sosial
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201 - Sosiologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 18 Jul 2022 01:13
Last Modified: 18 Jul 2022 01:13
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16371

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics