Pengaruh harga, promosi, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk Natural Nusantara (NASA) dalam perspektif ekonomi Islam : studi kasus mahasiswa angkatan 2019 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang
Handayani, Fitri (2021) Pengaruh harga, promosi, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk Natural Nusantara (NASA) dalam perspektif ekonomi Islam : studi kasus mahasiswa angkatan 2019 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
SKRIPSI_1405026005_FITRI_HANDAYANI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Perkembangan teknologi yang semakin pesat dan canggih dewasa ini, membuat pelaku bisnis dituntut untuk dapat memenuhi kebutuhan konsumen serta berusaha untuk menciptakan suatu produk yang mempunyai keunggulan dan mampu menciptakan produk yang berbeda dengan pesaing. Hal terpenting yang sebaiknya dilakukan oleh perusahaan agar berhasil dalam persaingan bisnis yaitu berupaya membangun strategi perusahaan guna mencapai tujuan untuk meningkatkan dan mempertahankan konsumen. Agar tujuan tersebut dapat dicapai, maka setiap perusahaan harus berusaha dalam memproduksi suatu barang dan jasa yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, promosi, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk Natural Nusantara (NASA) dalam perspektif ekonomi Islam (studi kasus mahasiswa angkatan 2019 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang)
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen produk NASA pada mahasiswa angkatan 2019 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang. Teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling dengan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 85 responden. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui uji validitas dan realibilitas terlebih dahulu kemudian dilakukan uji-uji selanjutnya dan multiple regression dengan SPSS 22.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan beberapa hal: pertama, harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mahasiswa angkatan 2019 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang dalam membeli produk NASA, dibuktikan dengan diperolehnya hasil uji signifikansi yaitu 0.006 < 0.05 dan t hitung lebih besar dari pada t tabel yaitu 2.797 > 1.99. Kedua, promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mahasiswa angkatan 2019 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang dalam membeli produk NASA, dibuktikan dengan diperolehnya hasil uji signifikansi yaitu 0.007 < 0.05 dan t hitung lebih besar dari pada t tabel yaitu 2.830 > 1.99. Ketiga, kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mahasiswa angkatan 2019 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang dalam membeli produk NASA, dibuktikan dengan diperolehnya hasil uji signifikansi yaitu 0.000 < 0.05 dan t hitung lebih besar dari pada t tabel yaitu 5.104 > 1.99.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keputusan pembelian; Natural Nusantara (NASA); Ekonomi Islam; Harga; Promosi; Kualitas produk |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1) |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 04:49 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 04:49 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16391 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year