Pengaruh model pembelajaran koorperatif tipe scrambel terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas V MI I'anataussibyan Mangkang Kulon Semarang tahun ajaran 2021/2022
Millati, Fiki (2021) Pengaruh model pembelajaran koorperatif tipe scrambel terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas V MI I'anataussibyan Mangkang Kulon Semarang tahun ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.
1703096082_ fiki millati_Full Skripsi - Fiki Millati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe scramble tehadap pemahaman siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas V MI I’anatussibyan Mangkan kulon Semarang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pra-eksperimen dengan desain penelitan yang digunakan yaitu one-group pretest posttest design.Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes berbentuk soal menjodohkan.Analisis yang digunakan adalah uji t.Dalam uji hipotesis, peneliti menggunakan uji t-test. Berdasarkan hasil perhitungan t-test dengan taraf signifikasi 0,05 diperoleh thitung = 402,5 sedangkan ttabel = 1,69. Karena thitung >ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan penggunan model scramble terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas V MI I’anatussibyan Mangkang Kulon Semarang. Berdasarkan nilai yang diperoleh rata-rata nilai kelas eksperimen sebelum dan sesudah dikenai perlakuan yaitu pretest 49,64 dan posttest 73,636 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh terhadap penggunaan model scrambel tehadap pemahaman siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas V MI I’anatussibyan Mangkan kulon Semarang tahun ajaran 2021/2022
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran koorperatif; Tipe scrambel Akudah Akhlak; MI I'anataussibyan |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 02:31 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 02:31 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16398 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year