Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student facillitator and explaining terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kela IV MI An Nur Penggaron Kidul Kota Semarang tahun ajaran 2021/2022

Hadad, Muhammad Kainul (2021) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student facillitator and explaining terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kela IV MI An Nur Penggaron Kidul Kota Semarang tahun ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1703096083_Muhammad  Kainul Hadad_Full] Text (Skripsi_1703096083_Muhammad Kainul Hadad_Full)
1703096083_Muhammad Kainul Hadad_Full Skripsi - Kain Hadad.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas IV MI An Nur Penggaron Kidul Kota Semarang. Pengaruh pada penelitian ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan rata-rata motivasi belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV A dengan jumlah 22 orang dan kelas IV B dengan jumlah 22 orang. Kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang dipakai meliputi dokumentasi observasi dan angket. Analisis data menggunakan hipotesis Independent Sampel T-Test. Rata-rata akhir motivasi belajar siswa dari kelas eksperimen sebesar 74,81 sedangkan kelas kontrol sebesar 65,5 dan dibuktikan dengan uji t dengan hasil ttabel diperoleh dengan dk = n1 + n2 – 2 = 42 dan taraf signifikan (α) 5% = 2,021, dan thitung = 7,626. Setelah thitung dikonsultasikan dengan ttabel, diketahui bahwa thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa yang mendapatkan model pembelajaran student facilitator and explaining lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional atau ceramah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar; Model pembelajaran student facilitator and explaining; Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 21 Jul 2022 02:41
Last Modified: 21 Jul 2022 02:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16400

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics