Efektivitas penggunaan media audio visual terhadap pemahaman siswa materi Sejarah Kebudayaan Islam(SKI) kelas III MI Salafiyah Tanjungsari Kabupaten Batang tahun ajaran 2021/2022

Farkhah, Sofkhatun Alikhoh (2022) Efektivitas penggunaan media audio visual terhadap pemahaman siswa materi Sejarah Kebudayaan Islam(SKI) kelas III MI Salafiyah Tanjungsari Kabupaten Batang tahun ajaran 2021/2022. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1703096097_Sofkhatun Alikhoh Farkhah_Full] Text (Skripsi_1703096097_Sofkhatun Alikhoh Farkhah_Full)
1703096097_Sofkhatun Alikhoh Farkhah_Full Skripsi - Sofkhatun Alikhoh Farkhah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi kelas III MI Salafiyah Tanjungsari Kabupaten Batang yaitu diperoleh informasi banyak siswa yang masih kurang optimal dalam pembelajaran dimasa pandemi. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah pembelajaran yang kurang menarik dan belum menggunakan media pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media audio visual terhadap pemahaman siswa kelas III pada materi kelahiran orang terpuji di MI Salafiyah Tanjungsari Kabupaten Batang tahun ajaran 2021/2022. Metode yang digunnakan penelitian ini adalah pendektan kuantitaif. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas III yang berjumlah 20 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok sesuai dengan pembagian jam pembelajaran yang dijalankan disekolah. Kelompok A menjadi kelas eksperimen dengan siswa 10 anak. Bagian kelompok B sebagai kelas kontrol dengan siswa 10 anak. Perhitungan teknik analisis data pretest dan postest peneliti menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji-t dan N-gain.
Berdasarkan data yang diperoleh nilai pretest pada kelas kontrol dan kelas ekperimen. Rata-rata awal kelas eksperimen adalah 45 dan rata-rata kelas kontrol 43,5. Sedangkan berdasarkan data nilai posttest pada kelas eksperimen dan kontrol. Nilai Posttest rata-rata akhir dari kelas eksperimen adalah 83,5 dan kelas kontrol 73,5. Sehingga analisis uji kesamaan rata-rata akhir atau posttest dari kedua kelas tersebut diketahui bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini ditunjukkan dari thitung > ttabel dengan dk = n1 + n2 - 2, taraf signifikansi 5% thitung = 2,735 dan ttabel = 2,101. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, ada perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Peningkatan hasil belajar sebagai perhitungan tingkat efektivitas terhadap pemahaman siswa. Berdasarkan hasil analisis data, media audio visual efektif terhadapa pemahaman siswa. Uji N-gain menunjukkan hasil kelas eksperimen sebesar 71,608 dikategorikan tinggi dan kelas kontrol sebesar 54,094 dikategorikan sedang. Kelas eksperimen mengalami peningkatan pemahaman yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media audio visual; Pemahaman siswa; Sejarah Kebudayaan Islam(SKI)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 21 Jul 2022 03:13
Last Modified: 21 Jul 2022 03:13
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16403

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics