Implementasi media lagu dalam pembelajaran Bahasa Arab untuk meningkatkan kemampuan menghafal kosa kata pada siswa kelas III MI Sultan Fatah Bintoro Demak

Anastasia, Ida Ayu (2022) Implementasi media lagu dalam pembelajaran Bahasa Arab untuk meningkatkan kemampuan menghafal kosa kata pada siswa kelas III MI Sultan Fatah Bintoro Demak. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1703096107_Ida Ayu Anastasia_Full] Text (Skripsi_1703096107_Ida Ayu Anastasia_Full)
1703096107_Ida Ayu Anastasia_Full Skripsi - Ida Ayu Anastasia.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Dalam pendidikan, para ahli telah memaparkan bahwasanya terdapat begitu banyaknya variasi media yang dapat dimanfaatkan pendidik pada proses pembelajaran yang dapat disesuaikan dengan materi dan juga obyek yang akan dituju. Inilah yang menjadikan betapa pentingnya memilih media pembelajaran, yang merupakan sebagai kunci penunjang, guna meminimalisir ketidak efektifan suasana kelas menjadi menyenangkan dan tidak membosankan, serta dapat memberikan ruang lebih luas pada ilmu agar lebih mudah tepat sasaran serta tersalurkan secara utuh kepada peserta didik, khususnya terhadap peserta didik yang masih merasakan kesulitan dalam belajar.
Pada penelitian ini, peneliti mengambil penelitian terhadap media lagu dalam pembelajaran Bahasa Arab untuk meningkatkan kemampuan menghafal kosakata bagi peserta didik kelas III MI, karena tujuan inti dari penelitian yang penyusun lakukan, ialah untuk menjelaskan serta memahami tata cara pendidik untuk menangani peserta didiknya yang masih kesulitan dalam menghafal mufradat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan kemudian diolah dengan cara reuksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi teknik dan sumber data.
Hasil dari penelitian implementasi menunjukkan bahwa pembelajaran Bahasa Arab di MI Sultan Fatah terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Dengan media lagu yang diterapkan oleh pendidik memudahkan peserta didik dalam menghafalkan kosakata, karena peserta didik merasa senang dengan kegiatan bernyayi, menjadikan pembelajaran tidak membosankan, dan tidak monoton. Hasil tersebut dapat dilihat dari perbandingan nilai ulangan harian yang didapat dari pembelajaran dengan menggunakan media lagu dan tidak menggunakan media lagu. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa implementasi media lagu dalam pembelajaran bahasa arab dapat meningkatkan kemampuan menghafal kosakata bahasa arab.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media lagu; Kosakata Bahasa Arab
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 21 Jul 2022 07:02
Last Modified: 21 Jul 2022 07:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16406

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics