Hubungan minat belajar dengan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran kimia di masa pandemi covid 19 kelas XII MA Qudsiyyah tahun pelajaran 2021/2022
Hidayah, Ashlih Amria Nailil (2021) Hubungan minat belajar dengan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran kimia di masa pandemi covid 19 kelas XII MA Qudsiyyah tahun pelajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
1403076006_Ashlih Amria Nailil Hidayah_Lengkap Tugas Akhir - Ashlih Hida.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari kondisi masa pandemi yang menjadikan semua untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru, termasuk juga dalam kebiasaan baru dalam dunia pendidikan. Mulai kebijakan pelaksanaan pembelajaran dari rumah, pembelajaran dalam jaringan (daring) dan juga kombinasi antara tatap muka terbatas dengan daring. Kondisi tersebut memantik munculnya gejala perubahan pada peserta didik, terutama terlihat dari minat belajar anak yang menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran kimia selama daring. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara minat belajar peserta didik terhadap prestasi belajar mata pelajaran kimia di masa pandemi pada pembelajaran daring. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini termasuk kategori ex post facto, merupakan jenis penelitian yang dilakukan pada suatu kejadian yang telah terjadi, sehingga akan melihat juga faktor apa saja yang telah mempengaruhinya. Sampel penelitian diambil dengan teknik simple random sampling. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner, dokumentasi dan wawancara. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji korelasi pearson dengan melihat koefisien korelasi serta jenis hubungan antar variabelnya. Peneliti menggunakan SPSS 16.0 dan didapatkan hasil hitung nilau sig 0,00<0,05 dan nilai pearson correlation (rhitung) sebesar 0,931>rtabel dengan 5% sebesar 0,301 artinya antar variabel ada hubungan, serta jenis hubungan antar variabel bernilai positif. Adapun nilai korelasi 0,931 termasuk kategori sangat kuat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan sangat kuat antara minat belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran kimia pada pembelajaran daring peserta didik kelas XII MA Qudsiyyah tahun pelajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat Belajar; Prestasi Belajar; Kimia; Pandemi covid-19 |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 22 Jul 2022 06:07 |
Last Modified: | 27 Oct 2022 07:10 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16411 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year