Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline pada materi Kesetimbangan Kimia kelas Xl MA Riyadlotut Thalabah Sedan

Rahmawati, Dwi (2021) Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline pada materi Kesetimbangan Kimia kelas Xl MA Riyadlotut Thalabah Sedan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1608076058_Dwi Rahmawati_Lengkap] Text (Skripsi_1608076058_Dwi Rahmawati_Lengkap)
1608076058_Dwi Rahmawati_Lengkap Tugas Akhir - Dwi Rahmawati (2).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep peserta didik terhadap materi serta kurangnya pemanfaatan media pembelajaran oleh guru dalam penyampaian sebuah materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline pada materi kesetimbangan kimia kelas XI MA Riyadlotut Thalabah Sedan (2) mengetahui kualitas multimedia pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline pada materi kesetimbangan kimia kelas XI MA Riyadlotut Thalabah Sedan .Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Research and Development (R & D) dari Borg & Gall meliputi empat tahap yang dimodifikasi dari prosedur penelitian dan pengembangan Borg & Gall yaitu (1) Research and information collecting (pencarian dan pengumpulan data), (2) Planning (perencanaan), (3) Develop preliminary form of product (mengembangkan bentuk produk awal), (4) Preliminary field testing (uji coba lapangan awal). Subjek dari penelitian ini adalah 9 peserta didik kelas XI MA Riyadlotut Thalabah Sedan. Hasil uji kualitas multimedia menunjukan bahwa multimedia masuk dalam kategori valid oleh validator materi dan validator media dengan nilai koefisien Aiken’s V sebesar 0,82. Hasil respon angket tanggapan peserta didik terhadap kualitas multimedia pembelajaran dengan kategori sangat baik pada persentase 83,3%. Berdasarkan data tersebut, multimedia pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline dinyatakan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Multimedia pembelajaran; Articulate storyline; Kesetimbangan kimia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 546 Inorganic chemistry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 23 Jul 2022 01:07
Last Modified: 11 Jul 2024 02:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16417

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics