Pengembangan media pembelajaran “Petuah Kimia” (komik digital materi ikatan kimia)

Mutammimah, Binti (2021) Pengembangan media pembelajaran “Petuah Kimia” (komik digital materi ikatan kimia). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1708076005_Binti Mutammimah_Lengkap] Text (Skripsi_1708076005_Binti Mutammimah_Lengkap)
1708076005_Binti Mutammimah_Lengkap Tugas Akhir - Binti Mutammimah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi pada rendahnya minat membaca dan kesulitan peserta didik dalam memahami konsep kimia yang rumit dan abstrak terutama pada materi ikatan kimia, serta upaya menghapus citra buruk yang melekat pada komik baik sebagai media maupun bentuk seni. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran komik digital materi ikatan kimia dan menguji kualitas teoritis media pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang dibatasi tujuh tahapan pengembangan tanpa mengurangi nilai dari model tersebut. Tahapan tersebut adalah Research and Information Collecting, Planning, Develop Preliminary Form of Product, Preliminary Field Testing, Main Product Revision, Main Field Testing, dan Oprational Product Revition. Karakteristik dari media pembelajaran ini yakni berupa media pembelajaran yang memuat materi ikatan kimia yang dikemas dalam bentuk komik digital. Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini diuji kelayakannya (validasi) oleh ahli media dan ahli materi. Pada aspek media, produk media pembelajaran memiliki skor keseluruhan 48 dengan persentase 100%. Skor ini termasuk kedalam kriteria ‘sangat layak’. Aspek median ini juga memperoleh skor 26 dengan persentase 93% dari dosen kimia dasar dan 28 dengan persentase 100% dari guru kimia. Hal ini menunjukkan bahwa produk termasuk kedalam kriteria ‘sangat layak’. Selain pengujian oleh validator ahli, dilakukan juga uji kelayakan oleh pembaca (pengujian secara luas) terdapat 48 responden dengan skor keseluruhan sebesar 2753 dan persentase sebesar 90%. Nilai persentase ini termasuk kedalam kategori ‘sangat layak’.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Komik digital; Ikatan kimia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 546 Inorganic chemistry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 23 Jul 2022 01:38
Last Modified: 27 Oct 2022 07:13
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16419

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics