Peran Ustadz/Ustadzah TPQ dalam meningkatkan kualitas baca Al-Qur’an pada anak di TPQ Asy-syuhada’ Kec. Ngaliyan kota semarang

Sulistiyono, Sulistiyono (2021) Peran Ustadz/Ustadzah TPQ dalam meningkatkan kualitas baca Al-Qur’an pada anak di TPQ Asy-syuhada’ Kec. Ngaliyan kota semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1703016062_SULISTIYONO] Text (SKRIPSI_1703016062_SULISTIYONO)
1703016062_Sulistiyono_Lengkap Tugas Akhir - Sulistiyono 31.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangiberdasarkan pengamatan awal penulis di TPQ Asy-Syuhada’. Dimana ustadz mempunyai peranan yang besar dalam dunia pendidikan, terutama dalam pendidikan islam pada lembaga nonformal. Perkembangan dunia pendidikan dewasa ini membutuhkan manajemen atau pengelolaan yang baik. Demikian juga dalam hal pembelajaran baca tulis Al-Qur’an sangat diperlukan adanya penanganan yang serius baik dari segi ketepatan metode pembelajarannya, pendekatan atau perencaan yang matang. Karena ustadz atau guru ini berupaya memberikan bekal dasar bagi anak usia dini untuk meningkatkan taraf pengetahuan keagamaan dan membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan : 1) Bagaimana peran ustadz/ustadzah TPQ dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Quran pada anak di TPQ Asy-Syuhada’ kota Semarang, 2) Apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembelajaran Al-Quran di TPQ Asy-Syuhada’ kota Semarang.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan melakukan studi lapangan melalui : observasi, wawancara dan dokumentasi, adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah kepala, dewan asatidz dan santri TPQ Asy-Syuhada’ Kota Semarang. Teknik analisis datanya menggunakan : Reduksi data, Penyajian data, Verifikasi dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan. 1) peran ustadz/ustadzah dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an pada anak di TPQ Asy-Syuhada’ yaitu sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, pengarah, pelatih dan penilai atau pengevaluasi, guna memberikan ilmu yang manfaat dalam membaca Al-Qur’an salah satunya dengan mengajarkan kaidah-kaidah membaca Al-Qur’an, diantaranya yaitu makhorijul huruf, sifatul huruf dan ilmu tajwid yang dipandang sangatlah penting untuk diterapkan ketika membaca Al-Qur’an.2) Faktor pendukung dalam peran ustadz/ustadzah dalam meningkatkan kualitas kemampuan membaca Al-Qur’an di TPQ Asy-Syuhada’, diantaranya pemberian reward dan pendekatan kepada santri, pengelolaan kelas dan melakukan evaluasi, agar para santri cepat memahami apa yang telah diajarkan. Sedangkan faktor penghambat yang paling utama adalah berasal dari diri santri, dari ustadz pengajar dan orang tua santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran Ustadz/Ustadzah; TPQ dan Kualitas membaca al-Qur’an
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 23 Jul 2022 03:17
Last Modified: 23 Jul 2022 03:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16435

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics