Efektivitas model pembelajaran creative problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada termokimia di SMA N 1 Mayong

Cik’ana, Cik’ana (2021) Efektivitas model pembelajaran creative problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada termokimia di SMA N 1 Mayong. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1708076065_Cik’ana_Lengkap] Text (Skripsi_1708076065_Cik’ana_Lengkap)
1708076065_CIK_ANA_SKRIPSI LENGKAP - cik ana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Kesulitan peserta didik dalam memahami materi kimia yang menyebabkan kemampuan berpikir kritis nya rendah karena penerapan model pembelajarannya biasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada termokimia di SMA N 1 Mayong. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan Jenis desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA di SMA N 1 Mayong. Sampel yang digunakan adalah kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Metode pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, wawancara, kuesioner, dan tes. Data hasil penelitian di analisis secara kuantitaif. Berdasarkan independent t-test pada data posttest di taraf signifikansi 5% diperoleh t_hitung 6,75 lebih besar dari t_tabel. 2,04 yang menunjukkan ada perbedaan hasil pretest dan posttest peserta didik dengan penerapan model pembelajaran CREATIVE PROBLEM SOLVING. Hal ini juga didukung oleh nilai N-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,701 dan kontrol sebesar 0,26. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CREATIVE PROBLEM SOLVING efektif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada termokimia di SMA N 1 Mayong.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Creative problem solving; Kemampuan berpikir kritis; Peserta didik; Termokimia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 541 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 23 Jul 2022 03:33
Last Modified: 27 Oct 2022 05:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16437

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics