Manajemen kesiswaan dalam mengoptimalkan kegiatan pramuka di SMP N 1 Boja

Faidah, Nur (2021) Manajemen kesiswaan dalam mengoptimalkan kegiatan pramuka di SMP N 1 Boja. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1603036056_NUR FAIDAH_SKRIPSI LENGAKP] Text (1603036056_NUR FAIDAH_SKRIPSI LENGAKP)
1603036056_Nur Faidah_Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena pada zaman sekarang ini banyak terjadi penyimpangan perilaku sosial pada diri remaja. Seperti yang marak terjadi saat ini antara lain tawuran antar pelajar, kerusakan lingkungan, dan lain sebagainya. Problematika di atas tidak cukup jika hanya mengandalkan proses pembelajaran di kelas saja. Berangkat dari permasalahan tersebut SMP N 1 Boja memfasilitasi kegiatan tambahan di luar jam pelajaran yang bersifat edukatif, yaitu kegiatan ekstrakurikuler pramuka, untuk menunjang kegiatan tersebut maka diperlukan manajemen kesiswaan yang baik, sehingga dapat mengatur bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan pramuka.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. untuk mendapatkan data yang diperlukan peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian untuk mengecek keabsahan data tersebut dilakukan melalui teknik triangulasi pengumpulan data.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Perencanaan manajemen kesiswaan dalam mengoptimalkan kegiatan pramuka di SMP N 1 Boja adalah mengadakan rapat bersama untuk membahas hal-hal seperti: penyusunan kegiatan, penjadwalan serta pengalokasian waktu kegiatan, dan sistem evaluasi peserta didik. (2) Pelaksanaan manajemen kesiswaan dalam mengoptimalkan kegiatan pramuka di SMP N 1 Boja berjalan baik. Penyusunan kegiatan sudah berjalan sesuai panduan pengembangan diri dan ekstrakurikuler, penjadwalan dan alokasi waktu kegiatan juga sudah sesuai dengan program pramuka, dan sistem evaluasinya menggunakan 3 jenis tes. (3) Evaluasi manajemen kesiswaan dalam mengoptimalkan kegiatan pramuka di SMP N 1 Boja berjalan optimal. Kegiatan pramuka memberi dampak positif sehingga dapat menambah pengetahuan dan keterampilan bagi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Kesiswaan; Pramuka
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students (kelaskan di sini kegiatan ekstra kurikuler, OSIS, dsb.), Note: Untuk Pramuka kelaskan di: 369
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Ahlis Ahwan
Date Deposited: 02 Sep 2022 05:32
Last Modified: 02 Sep 2022 05:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16444

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics