Pengembangan modul fisika berbasis integrasi sains dan Islam pada materi klasifikasi materi dan perubahannya kelas VII SMP/MTs

Shofiya, Dina (2021) Pengembangan modul fisika berbasis integrasi sains dan Islam pada materi klasifikasi materi dan perubahannya kelas VII SMP/MTs. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1403066059_Dina Shofiya_Full] Text (Skripsi_1403066059_Dina Shofiya_Full)
1403066059_Dina Shofiya_Full Skripsi - Dina Shofiya.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan dan respon siswa terhadap modul IPA fisika berbasis sains dan Islam pada pokok bahasan klasifikasi materi dan perubahannya kelas VII SMP/MTs. Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) atau penelitian dan pengembangan. Prosedur pengembangan pada penelitian ini mengacu pada rancangan penelitian dan pengembangan menurut Borg & Gall. Peneliti membatasi langkah-langkah penelitian dan pengembangan produk sampai pada tahap uji coba skala kecil. Uji coba skala kecil dilaksanakan oleh 10 siswa MTs Miftahul Huda Ujungwatu Donorojo Jepara. Teknik pengumpulan data pada penelitian pengembangan ini menggunakan lembar validasi ahli dan angket respon siswa. Data yang dihasilkan berupa data kualitatif dan data kuantitatif dari ahli materi, ahli media, dan respon siswa. Data kualitatif merupakan data berupa komentar dan saran atau masukan dari tim ahli, sedangkan data kuantitatif merupakan data berupa skor (persentase).Hasil penilaian menunjukkan bahwa modul fisika ini layak untuk digunakan. Hal ini didasarkan pada rata-rata skor penilaian ahli materi 3,6 dan persentase kelayakan 90,2% dengan kategori sangat baik, rata-rata skor penilaian ahli media 3,6 dan persentase kelayakan 89,1% dengan kategori sangat baik, dan rata-rata skor dari respon siswa 3,7 dan persentase 91,1% dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Modul fisika, Integrasi sains dan Islam; Klasifikasi materi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 25 Jul 2022 01:20
Last Modified: 27 Oct 2022 01:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16463

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics