Pengaruh kualitas layanan, harga, dan promosi terhadap kepuasan pelanggan kartu Internet Indosat dalam perspektif ekonomi syariah : studi kasus masyarakat Kecamatan Kaliwungu Kudus

Suryani, Siti (2021) Pengaruh kualitas layanan, harga, dan promosi terhadap kepuasan pelanggan kartu Internet Indosat dalam perspektif ekonomi syariah : studi kasus masyarakat Kecamatan Kaliwungu Kudus. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1605026081_SITI_SURYANI] Text (SKRIPSI_1605026081_SITI_SURYANI)
SKRIPSI_1605026081_SITI_SURYANI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Kepuasan konsumen merupakan perwujudan dari sikap senang atau kecewa seseorang yang muncul karena membandingkan kinerja yang dipersiapkan produk terhadap ekspektasi tindakan yang dilakukan oleh konsumen. Perasaaan senang atau kecewa tersebut terbentuk dalam diri konsumen melalui kualitas layanan, harga dan promosi yang menjadi slaah satu faktor dalam meningkatkan kepuasan yang didapatkan setelah melakukan pembelian. Dalam penelitian ini menjelaskan variabel kualitas layanan, harga dan promosi ternyata mmeberikan pengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Ketiga variabel tresebut ternyata juga tidak bertentangan dengan nilai-nilai Islam.
Pada penelitian ini dikategorikan dengan penelitian asosiatif dimana penelitian jenis ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atau hubungan dua variable atau lebih. Dengan melakukan penelitian secara kuantitatif dengan tehnik analisis regresi linier berganda. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, yang diambil dari penyebaran kuetsioner melalui google form. Populasi dari penelitian ini adalah Masyarakat Kecamatan Kaliwungu dengan menggunakan metode Probability Sampling yaitu Simple Random Sampling dengan sampel berjumlah 100 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Layanan, dan Harga secara simultan memiliki pengaruh yang positif terhadap kepuasan pelanggan kartu internet indosat sedangkan promosi secara parsial tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan kartu internet indosat.

ABSTRACT:
Consumer satisfaction is the embodiment of a person's happy or disappointed attitude that arises because of comparing the performance prepared by the product against the expected actions taken by consumers. The feeling of pleasure or disappointment is formed in consumers through service quality, price and promotion which is one of the factors in increasing the satisfaction obtained after making a purchase. In this study, explaining the variables of service quality, price and promotion, it turns out that it has an influence on customer satisfaction. The three variables also do not conflict with Islamic values.
This research is categorized as associative research where this type of research aims to determine the effect or relationship of two or more variables. By conducting quantitative research with multiple linear regression analysis techniques. The data used in this study is primary data, which was taken from the distribution of questionnaires via google form. The population of this research is the community of Kaliwungu District using the Probability Sampling method, namely Simple Random Sampling with a sample of 100 people.
The results showed that service quality and price simultaneously had a positive effect on customer satisfaction with Indosat internet cards, while promotion partially had no effect on customer satisfaction with Indosat internet cards.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kepuasan pelanggan; Kartu Internet Indosat; Kualitas Layanan; Harga; Promosi; Ekonomi syariah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 26 Jul 2022 02:59
Last Modified: 26 Jul 2022 02:59
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16474

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics