Pengaruh internet marketing, brand awareness dan etika bisnis Islam terhadap keputusan pembelian di Kreasi Japarais Semarang

Mahmud, Arafat Ikhza (2021) Pengaruh internet marketing, brand awareness dan etika bisnis Islam terhadap keputusan pembelian di Kreasi Japarais Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1605026183_Arafat_Ikhza_Mahmud] Text (Skripsi_1605026183_Arafat_Ikhza_Mahmud)
Skripsi_1605026183_Arafat_Ikhza_Mahmud.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Internet telah menjadi kebutuhan masyrakat yang sangat penting dengan berbagai macam kegunaannya, Indonesia sendiri adalah salah satu negara dengan jumlah pengguna internet terbanyak, tercatat pada tahun 2016 adalah 132,7 juta, atau sekitar 51,5% dari total penduduk Indonesia yang 256,2 juta. Diantara banyaknya konten di internet, konten paling banyak dikunjungi adalah toko online (62%, 82,2 juta pengguna). Hal ini menunjuukan bahwa penggunaan internet sebagai media bisnis diyakini efektif dalam mengedukasi konsumen secara penuh tentang keberadaan suatu produk dan menjadikannya merek pilihan dalam keputusan pembelian. Namun dibalik itu, penipuan juga sering dilakukan melalui Internet, khususnya dalam hal bisnis atau transaksi jual-beli sehingga menciptakan citra negatif dan merusak toko online lain yang menjaga integritas.
Sesuai yang di jelaskan diatas maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh internet marketing, brand awareness, dan etika bisnis islam terhadap keputusan pembelian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dan diambil sampel sebanyak 100 orang. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda, dengan variabel internet marketing sebagai variabel (X1), brand awareness atau kesadaran merek sebagai variabel (X2), etika bisnis islam (X3) dan keputusan pembelian sebagai variabel (Y).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam uji hipotesis variabel bebas yaitu Internet Marketing (X1) dan Etika Bisnis Islam (X3). tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Oleh karena itu, Kreasi Japarais tidak selalu harus menggunakan internet marketing sebagai salah satu cara untuk memasarkan produk-produknya. Variabel independen kedua, Brand Awareness (X2) menerima nilai hitung yang lebih besar dan secara signifikan lebih kecil dari nilai t tabel. Dapat disimpulkan bahwa brand awareness secara parsial dapat mempengaruhi keputusan pembelian (Y).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Keputusan pembelian; Internet marketing; Brand awareness; Etika bisnis Islam
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 26 Jul 2022 03:16
Last Modified: 26 Jul 2022 03:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16476

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics