Manajemen pengelolaan bisnis Islam di LKSA (Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak) Mikul Dhuwur Mendem Jero Jepara

Yahdillah, MH. Hilmi (2021) Manajemen pengelolaan bisnis Islam di LKSA (Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak) Mikul Dhuwur Mendem Jero Jepara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1705026047_MH_Hilmi_Yahdillah_] Text (Skripsi_1705026047_MH_Hilmi_Yahdillah_)
Skripsi_1705026047_MH_Hilmi_Yahdillah_.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

LKSA Mikul Dhuwur Mendhem Jero merupakan lembaga sosial yang terdaftar di kementrian sosial. yakni memberikan tempat untuk anak yatim juga yatim piatu, dan anak dengan keterbelakangan sosial di Kabupaten Jepara. yang berupaya dalam mencapai kesejahteraan ekonomi dengan menekuni bidang Bisnis, dalam pengelolaan bisnisnya menggunakan akad yang berdasarkan pada prinsip syariah. Beberapa permasalahan yang peneliti dapatkan dalam penelitian ini meliputi: Untuk mengetahui Bagaimana Pelaksanaan Manajemen Pengelolaan Bisnis di LKSA Mikul Dhuwur Mendhem Jero Jepara. Untuk mengetahui pelaksanaan manajemen bisnis dalam presfektif ekonomi.
Penelitian ini tergolong jenis penelitian lapangan atau field research, menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bersifat diskriptif dengan tujuan guna memberikan gambaran mengenai penerapan Manajemen Bisnis Islam LKSA Mikul Dhuwur Mendhem Jero Jepara. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data melaui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Peneliti menyimpulkan setelah melakukan penelitian ini dan didapatkan hasil yaitu proses pelaksanaan manajemen Bisnis LKSA Mikul Dhuwur Mendhem Jero Jepara sudah bejalan dengan baik dikarenakan sebelum penentuan bentuk bisnis dilakukan analisa terlebih dahulu. Kemudian digunakan fungsi manajemen yang paling sederhana : perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan secara langsung oleh Manager LKSA. Dalam berbisnis lembaga juga menerapkan prinsip syariah dan menggunakan akad mudhorobah dan akad ujrah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Bisnis Islam; LKSA; Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 28 Jul 2022 00:57
Last Modified: 28 Jul 2022 00:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16487

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics