Implementasi program Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) terhadap jiwa kewirausahaan dan pendapatan masyarakat dalam perspektif ekonomi Islam : studi kasus Desa Bojonangka Kecamatan Pemalang

Devi, Dita Septiyana (2021) Implementasi program Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) terhadap jiwa kewirausahaan dan pendapatan masyarakat dalam perspektif ekonomi Islam : studi kasus Desa Bojonangka Kecamatan Pemalang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1705026102_Dita_Septiyana_Devi] Text (Skripsi_1705026102_Dita_Septiyana_Devi)
Skripsi_1705026102_Dita_Septiyana_Devi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Desa merupakan tulang punggung ekonomi sebuah negara. Jumlah desa yang terbilang banyak di Indonesia menjadi perhatian supaya perekonomian tidak didominasi oleh daerah perkotaan saja. Pemerintah juga memberikan hak dan fasilitas kepada desa untuk mengelola pemerintahan dan ekonominya sendiri. Wujud dari kontribusi negara dalam mendorong perekonomian desa adalah dengan dibentuknya sebuah Badan Usama Milik Desa (BUMDes). Desa diberi hak otonomi daerah untuk mengelola potensi ekonominya sendiri. BUMDes juga di dirikan di Desa Bojonangka kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang. Dengan berbagai potensi ekonomi di Desa Bojonangka harapannya keberadaan BUMDes dapat memberikan pengaruh kepada masyarakat khususnya bagi pendapatan dan jiwa kewirausahaan warga. Studi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi dari BUMDes terhadap jiwa wirausaha dan pendapatan masyarakat. Penelitian ini dilakukan di BUMDes Bojonangka kecamatan Pemalang.
Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan mengumpulkan data menggunakan observasi, wawancara, dan sebaran kuisioner. Penentuan informan menggunakan metode purposive sampling.
Hasil penelitian menunjukan bahwa keberadaan BUMDes memberikan dampak kepada jiwa wirausaha warga dengan menggunakan indicator, jujur, disiplin, kerja keras, berani mengambil risiko dan tekun. Selain itu juga secara langsung memberikan dampak terhadap pendapatan masyarakat salah satunya dipengaruhi dari keberadaan usaha simpan pinjam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kewirausahaan; Entrepreneurship; Pendapatan; Ekonomi Islam; Badan Usaha Milik Desa; BUMDes
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 29 Jul 2022 07:59
Last Modified: 29 Jul 2022 07:59
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16496

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics