Pengaruh orientasi pasar dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran : studi pada pelaku industri kain Troso Pecanggan Jepara

Azizah, Mutia Asma (2021) Pengaruh orientasi pasar dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran : studi pada pelaku industri kain Troso Pecanggan Jepara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1705026148_Mutia_Asma_Azizah] Text (Skripsi_1705026148_Mutia_Asma_Azizah)
Skripsi_1705026148_Mutia_Asma_Azizah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Percepatan laju perekonomian secara global telah berkembang pesat, ditandai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin berkembang. Tingginya percepatan laju perekonomian lantas membuat banyaknya peluang usaha baru sehingga menimbulkan adanya persaingan dalam kegiatan usaha bisnis. Perusahaan harus bisa menciptakan dan membuat ide atau gagasan baru yang dapat diterima oleh masyarakat dan dapat menjadi tren pasar sehingga peusahaan mampu bersaing dalam kegiatan usaha bisnis.Faktor kinerja pemasaran dipengaruhi oleh orientasi pasar dan inovasi produk. Keduanya memiliki ikatan yang penting untuk meningkatkan kinerja pemasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh orientasi pasar dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran pengusaha kain tenun troso pecangaan jepara. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah pengusaha industri kain tenun troso pecangaan jepara dengan Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan metode yang digunakan adalah metode “purposive sampling” dengan jumlah sampelnya sebanyak 74 pengrajin kain tenun troso. Hasil penelitian ini membuktkan bahwa adanya pengaruh positif dan signifikan terhadap orientasi pasar dan inovai produk terhadap kinerja pemasaran pada industri kain tenun troso. Saran yang diberikan dalam penelitin ini pengusaha kai tenun troso harus selalu mengawasi dan meningkatkan orientasi pasar dan inovasi produk agar kinerja pemasaran kain tenun troso terus mengalami peningkatan dan bisa terus berkompetisi di tengah persaingan dunia bisnis sekarang ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kinerja pemasaran; Orientasi pasar; Inovasi produk; Pelaku industri; Kain Troso
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 640 Home economics and family living > 646 Sewing, clothing, personal living
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 02 Aug 2022 04:35
Last Modified: 02 Aug 2022 04:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16502

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics