Pengembangan edu game chance quiz dengan pemanfaatan aplikasi Unity pada materi momentum fisika kelas X

Silvia, Nuris (2021) Pengembangan edu game chance quiz dengan pemanfaatan aplikasi Unity pada materi momentum fisika kelas X. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1608066034_Nuris Silvia_Lengkap] Text (Skripsi_1608066034_Nuris Silvia_Lengkap)
1608066034_Nuris Silvia_Lengkap Tugas Akhir - Nuris Silvia.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengembangkan media evaluasi pembelajaran dan menguji kelayakan media terhadap aplikasi game yang telah dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) dengan mengadaptasi model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen penilaian yang digunakan berupa skala Likert dengan empat skala kategori skor. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan penilaian dari ahli media, ahli materi, guru fisika, respons siswa, dan uji keterbacaan. Hasil penilaian validator dari aspek kelayakan isi, kelayakan penyajian, rekayasa perangkat lunak, komunikasi visual, dan kelayakan bahasa, pada penilaian ahli media mendapatkan persentase kelayakan sebesar 83,3% sehingga masuk dalam kategori sangat layak. Pada penilaian ahli materi mendapatkan persentase kelayakan sebesar 80% sehingga masuk dalam kategori layak. Berdasarkan penilaian oleh para ahli dapat disimpulkan bahwa aplikasi edu game chance quiz yang dikembangkan memiliki kategori layak untuk digunakan sebagai media evaluasi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Edu game; Chance quiz; Software Unity; Momentum fisika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 531 Classical mechanics Solid mechanics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 05 Aug 2022 08:57
Last Modified: 27 Oct 2022 01:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16520

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics