Efektivitas media video tutorial listrik arus searah dengan pendekatan inkuiri terhadap keterampilan berpikir analisis siswa kelas XII SMA

Amelia, Vira Septi (2021) Efektivitas media video tutorial listrik arus searah dengan pendekatan inkuiri terhadap keterampilan berpikir analisis siswa kelas XII SMA. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1708066027_Vira Septi Amelia_Lengkap] Text (Skripsi_1708066027_Vira Septi Amelia_Lengkap)
1708066027_VIRA SEPTI AMELIA_LENGKAP TUGAS AKHIR - Vira Septi Amelia.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Keterampilan berpikir analisis siswa yang belum terasah menyebabkan pemahaman siswa akan materi fisika belum maksimal. Penelitian yang dilakukan bertujuan guna mengetahui efektivitas media video tutorial listrik arus searah dengan pendekatan inkuiri terhadap keterampilan berpikir analisis, serta respon siswa pada media video tutorial. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen, dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Teknik sampling yang dipilih yaitu purposive sampling. Penelitian yang dilakukan menggunakan dua sampel, yaitu kelas XII MIPA 1 ( kelas eksperimen) dan kelas XII MIPA 2 ( kelas eksperimen). Berdasarkan hasi uji hipotesis pada data keterampilan berpikir analisis yang dilakukan, didapatkan hasilkan data t_hitung= 0,8145, dengan taraf signifikasi 5% dan dk = 41 didapat t_(tabel )= 1,684, karena t_hitung< t_tabel dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran menggunakan video tutorial belum cukup efektif meningkatkan keterampilan berpikir analisis siswa. Berdasarkan respon siswa terhadap media pembelajaran video tutorial listrik arus searah didapatkan persentase sebesar 70,67% dan termasuk kategori baik

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media video tutorial; Pendekatan inkuiri; Keterampilan berpikir analisis; Listrik arus searah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 537 Electricity and electronics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 02 Sep 2022 06:42
Last Modified: 26 Oct 2022 10:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16543

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics