Pemikiran dakwah Habib Husein Ja’far al Hadar tentang ketauhidan dalam buku Tuhan Ada di Hatimu

Chusma, Yulina Rosyidatul (2021) Pemikiran dakwah Habib Husein Ja’far al Hadar tentang ketauhidan dalam buku Tuhan Ada di Hatimu. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1701026024_Yulina Rosyidatul Chusma_Skripsi Lengkap.pdf] Text
1701026024_Yulina Rosyidatul Chusma_Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang jarang disadari umat Islam yaitu minimnya sikap ketauhidan. Umumnya yang menjadi masalah bukan tentang ketuhanan-nya, melainkan bagaimana ketuhanan dapat dihayati dengan cara yang tidak bertentangan dengan kemanusiaan yang adil dan beradab. Seperti yang sering kita temui, umat muslim berIslam hanya pada simbolik saja, tidak secara substansi. Contohnya akhlak umat Islam di masyarakat yang kurang baik, serta tidak tulus sehingga lebih condong ke pencitraan karena tidak bersumber dari hati. Sedangkan idealnya, sebagai seorang muslim kita dituntut untuk merealisasikan ketauhidan dalam kehidupan sehari-hari. Di sini Habib Husein Jafar Al Hadar hadir dengan sebuah bukunya yang berjudul Tuhan Ada di Hatimu, mencoba menjawab permasalahan tersebut dengan pemikiran dakwahnya. Dari latar belakang permasalahan di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pemikiran dakwah Habib Husein Jafar Al-Hadar tentang ketauhidan dalam buku Tuhan Ada di Hatimu? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode analisis isi deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui pemikiran dakwah ketauhidan dalam Buku Tuhan Ada di Hatimu, kemudian meninjaunya dari kategori macam-macam tauhid. Terdapat empat tahap dalam metode penelitian ini yaitu penentuan unit analisis, penyusunan kategori, koding data, dan analisis. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebanyak 11 kategori yang termasuk dalam pemikiran dakwah ketauhidan. Dengan uraian satu kategori pemikiran dakwah tauhid Rububiyyah. Enam kategori pemikiran dakwah tauhid Uluhiyyah. Dan empat kategori pemikiran dakwah tauhid asma wa shifat. Sehingga jika ditinjau dari sudut pandang pemikiran dakwah ketauhidan menurut kategorisasi tersebut, pemikiran Habib Husein dalam buku Tuhan Ada di Hatimu ini memuat kategori tauhid Rububiyyah, Uluhiyyah, dan Asma Wa Shifat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Media Dakwah; Alat Dakwah; Tauhid
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 06 Aug 2022 07:08
Last Modified: 06 Aug 2022 07:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16556

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics