Efektivitas model pembeljaran Auditory, Intellectualy, Repetition (AIR) berbantuan aplikasi discord terhadap pemahaman konsep materi keseimbangan benda tegar dan dinamika rotasi di kelas Xi SMA Mazra’atul Ulum Paciran Lamongan

A’yun, Dian Rif’atul (2021) Efektivitas model pembeljaran Auditory, Intellectualy, Repetition (AIR) berbantuan aplikasi discord terhadap pemahaman konsep materi keseimbangan benda tegar dan dinamika rotasi di kelas Xi SMA Mazra’atul Ulum Paciran Lamongan. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1708066067_Dian Rif’atul A’yun_Lengkap] Text (Skripsi_1708066067_Dian Rif’atul A’yun_Lengkap)
1708066067_Dian Rif_atul A_yun_Lengkap Tugas Akhir - Dian Rif_atul.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi karena permasalahan pada kurangnya pemahaman konsep siswa di SMA Mazra’atul Ulum Paciran Lamongan. Hal tersebut disebabkan siswa tidak memahami pelajaran yang telah disampaikan guru. Materi yang dijelaskan guru belum bisa ditangkap oleh siswa, karena pembelajaran belum melibatkan siswa artinya masih berpusat pada guru. Media yang digunakan masih bersifat pasif dan siswa apabila diberi soal yang berbeda dengan contoh soal masih kebingungan dalam menjawab. Tujuan dalam penelitian ini yaitu mengetahui keefektifan model pembelajaran Auditory, Intellectualy, Repetition (AIR) berbantuan Aplikasi discord pada pemahaman konsep materi Keseimbangan benda tegar dan Dinamika rotas di kelas XI SMA Mazra’atul Ulum Paciran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Kuantitatif dengan desain penelitian “Posttest - The non-equivalent group design. Dalam penelitian ini variabel bebas adalah model pembelajaran Auditory, Intellectualy, Repeptition (AIR) dengan menggunakan media Aplikasi discord, sedangan variabel terikat adalah kemampuan pemahaman konsep siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol di SMA Mazra’atul Ulum Paciran. Teknik pengumpulan data dengan metode wawancara, tes dan angket. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan Uji-t pada pembelajaran AIR dengan taraf signifikan 5% diperoleh thitung = 2,24 dan ttabel= 1,678, karena thitung > ttabel maka H0 ditolak. Dan pada penggunaan angket Aplikasi discord dengan Uji-t menghasilkan thitung = 2,401 dan ttabel1,678, karena maka thitung > ttabel, maka H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Auditory, Intellectualy, Repetition (AIR) yang berbantuan Aplikasi discord memberi keefektifan pada pemahamn konsep siswa materi Keseimbangan benda tegar dan Dinamika di kelas XI SMA Mazra’atul Ulum Paciran Lamongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran AIR; Aplikasi discord; Pemahaman konsep
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 12 Sep 2022 08:37
Last Modified: 12 Sep 2022 08:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16566

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics