Pengaruh intensitas penggunaan instagram terhadap akhlak sosial santri PPM Al Hikmah Semarang Barat

Putri, Dwi Anita Des Utami (2022) Pengaruh intensitas penggunaan instagram terhadap akhlak sosial santri PPM Al Hikmah Semarang Barat. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1703016113_Dwi_Anita_Des_Utami_Putri] Text (SKRIPSI_1703016113_Dwi_Anita_Des_Utami_Putri)
1703016113_Dwi Anita Des Utami Putri_Tugas Akhir - DWI ANITA DES UTAMI PUTRI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi pada suatu permasalahan yang berkenaan dengan akhlak santri PPM Al Hikmah Semarang Barat dengan intensitas penggunaan Instagram. Diantara permasalahan tersebut yaitu adanya perkembangan teknologi yang semakin canggih, sehingga membuat masyarakat dengan mudah berkomunikasi dengan jarak jauh maupun dengan jarak dekat. Menurut Marshall Mc Luchan bahwasanya “kita seakan berada di suatu komunitas yang berada di dunia dan terhubung satu sama lainnya sehingga membentuk perkampungan yang sifatnya global atau menyeluruh. Kemajuan teknologi yang terus berkembang dapat memberi pengaruh bagi masyarakat, salah satunya santri PPM Al Hikmah Semarang Barat yang diizinkan membawa hp, sehingga santri PPM Al Hikmah bisa mengikuti perkembangan teknologi. Salah satu wujud perkembangan teknologi adalah dengan komunikasi jarak jauh salah satunya adalah instagram. Berdasarkan We Are Social 80 % tercatat Orang Indonesia menggunakan instagram. Instagram berhasil membuat masyarakat tertarik karena canggihnya dan instagram ini selalu update. Pengguna terbanyak adalah remaja.
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan (1) Bagaimana intensitas penggunaan instagram pada santri PPM Al Hikmah Semarang Barat (2) Bagaimana akhlak sosial santri PPM Al Hikmah Semarang Barat (3) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara intensitas penggunaan instagram terhadap akhlak sosial santri PPM Al Hikmah Semarang Barat. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian kuantitatif menggunakan analisis data yang berupa angka dan dianalisis dengan metode statistika. Hipotesis yang digunakan adalah apakah ada pengaruh yang signifikan. Untuk menguji hipotesis tersebut, maka menggunakan analisis regresi sederhana. Subyek penelitian sebanyak 105 responden, yang diambil dari santri PPM Al Hikmah Semarang Barat. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampel (Sampel bertujuan). Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa angket untuk mendapatkan data tentang intensitas penggunaan instagram (variabel X) dan akhlak santri (Y).
Sebelum instrumen penelitian disebarkan, instrumen tersebut harus diuji dengan uji validitas dan uji reabilitas. Setelah instumen diuji validitas dan reabilitas maka dihasilkan yang berjumlah terdapat 50 butir soal yang valid dan 25 butir soal tidak valid. Sedangkan untuk variabel Y terdapat 63 butir soal yang valid dan 12 soal tidak valid. Soal yang valid akan diujikan kepada responden untuk diambil data sebagai hasil dari penelitian, kemudian diuji normaitas dan linieritas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas penggunaan instagram mempunyai nilai rata-rata sebesar 131,49, termasuk kategori “tinggi” yaitu berada pada interval 131-152. Sedangkan, nilai rata-rata akhlak sebesar 177,19, termasuk dalam kategori “sedang”, yang berada di interval 150-178. Berdasarkan data dari hasil output SPSS 22.0 bahwa nilai F hitung = 5,883 dengan memiliki tingkat signifikansi sebesar 0,017 < 0,05. Adapun nilai kontribusi variabel X terhadap variabel y sebesar 5,4 % sedangkan 94,6% merupakan faktor yang mempengaruhi Akhlak yang belum diteliti oleh penulis. Berdasarkan pengolahan data SPSS diketahui bahwasanya Ha diterima dan H0 ditolak artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara intensitas penggunaan instagam terhadap akhlak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, penggunaan , intensitas, instagram, akhlak
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ika Purwanti
Date Deposited: 08 Aug 2023 07:47
Last Modified: 08 Aug 2023 07:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16570

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics