Ekonomi sebagai alasan perceraian pada masa pandemi/COVID 19 : studi kasus di Pengadilan Agama Kudus tahun 2020

Musfiroh, Hidayatul (2021) Ekonomi sebagai alasan perceraian pada masa pandemi/COVID 19 : studi kasus di Pengadilan Agama Kudus tahun 2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1702016054_Hidayatul_Musfiroh] Text (SKRIPSI_1702016054_Hidayatul_Musfiroh)
1702016054_Hidayatu M_Lengkap Tugas Akhir - Hidayatul Firoh.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya virus Corona yang mengubah aspek kehidupan dalam pernikahan. Perceraian sekarang ini sedang marak karena adanya virus corona/Covid 19. Perceraian ini terjadi karena beberapa faktor yang pada umumnya yang menjadi pemicu kasus perceraian. Selain itu, perceraian ini juga memiliki dampak terhadap Pengadilan itu sendiri.
Untuk mengetahui Bagaimana faktor ekonomi sebagai alasan perceraian pada masa pandemi covid 19 di Pengadilan Agama Kudus. Untuk mengetahui Bagaimana analisis hukum islam terhadap perceraian di Pengadilan Agama Kudus pada masa pandemi covid 19 dengan alasan faktor ekonomi.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) yang bertujuan untuk memberikan gambaran tentang faktor perceraian pada masa pandemi/ covid 19 di Pengadilan Agama Kudus. Sedangkan data yang dikumpulkan berupa data primer dan sekunder, data yang diperoleh menggunakan teknik wawancara langsung dengan hakim Pengadilan Agama Kudus, observasi lapangan dan dokumentasi. Data- data tersebut selanjutnya disusun, dijelaskan dan dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif- analitik untuk kemudian ditarik kesimpulan.
Dari penelitian ini penulis mendapatkan beberapa kesimpulan. Pertama, kasus perceraian selama masa pandemi covid 19 disebabkan oleh beberapa faktor dan faktor yang mendominasi adalah faktor perselisihan/pertengkaran yang terus menrus dan faktor meninggalkan salah satu pihak dari faktor itu yang terjadi adalah masalah ekonomi. Kedua,bahwa dampak dari kasus perceraian di masa Pandemi Covid 19 di Pengadilan Agama Kudus adalah ekonomi sebagai alasan perceraian pada masa pandemi Covid 19 dengan alasan suami tidak bertanggung jawab atas nafkah keluarganya yang karena terPHK oleh pekerjaan dan istrinya menuntut untuk memberikan nafkah lebih.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Cerai; Covid 19; KHI
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 13 Aug 2022 01:54
Last Modified: 13 Aug 2022 01:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16592

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics