Pesan tholabul ‘ilmi dalam film “ Rentang Kisah – Gita Savitri “

Khusna, Rizqa Nihlatul (2021) Pesan tholabul ‘ilmi dalam film “ Rentang Kisah – Gita Savitri “. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1701026093_RIZQA NIHLATUL KHUSNA_SKRIPSI Lengkap.pdf] Text
1701026093_RIZQA NIHLATUL KHUSNA_SKRIPSI Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pesan Tholabul’ilmi merupakan pesan yang merujuk kepada proses menuntut ilmu bersifat lama dan sulit dari suatu tempat ke tempat lain, dari suatu negara ke negara lain dengan duduk takzim menghadap guru. Penelitian ini, terfokus kepada pesan tholabul’ilmi yang terkandung dalam film rentang Kisah Gita Savitri dan bertujuan untuk mengetahui indikator kiat-kiat menunut ilmu di dalam film tersebut. Penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif, yaitu penelitiaan yang menghasilkan data deskriptif yang wujudnya kata-kata tertulis maupun lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Sedangakan jenis pendekatannya menggunakan analisis semiotik Roland Barthes, yaitu pendekatan semiotik yang menggunakan signifikasi dua tahap, tahap denotasi dan konotasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam film Rentang Kisah terdapat indikator kiat-kiat mencari ilmu yang merujuk kepada enam syarat menuntut ilmu, seperti sikap cerdas yang diwujudkan dengan keinginan Gita untuk meneruskan pendidikannya, larangan untuk malas berpikir dari sang mama, hasil dari usahanya agar lolos SBMPTN ITB, dan anjuran orang tuanya agar Gita. Semangat, yang diwujudkan lewat sikap Gita yang memanfaatkan aktu yang dimiliki dan tidak mudah menyerah dalam usahanya mempelajari ilmu yang belum dikuasainya. Sabar ditunjukan oleh sikap Gita yang tidak tergesa-gesa dalam mengambil keputusan dan tetap bertahan walau sedang dalam masa sulit selama ia di Jerman. Selanjutnya ada biaya, perwujudan ada biaya disini ditunjukan oleh usaha baik dari Gita dan orang tuanaya dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Petunjuk guru, perwujudan dari hal tersebut diperlihatkan dengan sosok guru yang mengajar di depan kelas dengan memberikan materi .Yang terakhir adalah lama masanya, ditunjukkan dengan lamanya proses Gita belajar, selama ia mengenyam penddikan di Jerman. Kiat-kiat tersebut diwujudakan kedalam bentuk reka adegan yang disajikan dalam film Rentang Kisah Gita Savitri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Pesan Moral; Media Dakwah; Alat Dakwah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media komunikasi, Media massa
700 The arts > 770 Photography and photographs > 777 Cinematography
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 13 Aug 2022 02:40
Last Modified: 13 Aug 2022 02:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16597

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics