Pengembangan media pembelajaran game go-prolin untuk pemahaman konsep matematis pada materi sistem persamaan linear tiga variabel

Alfikri, Adam Wildan (2021) Pengembangan media pembelajaran game go-prolin untuk pemahaman konsep matematis pada materi sistem persamaan linear tiga variabel. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1708056066_Adam Wildan Alfikri_Lengkap] Text (Skripsi_1708056066_Adam Wildan Alfikri_Lengkap)
1708056066_Adam Wildan AF_lengkap tugas akhir - Adam Wildan Alfikri.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Pemahaman konsep matematis perlu diterapkan untuk mempermudah peserta didik untuk mengingat sebuah materi yang diajarkan guru tanpa harus menghafal rumus. Disamping itu, permainan edukasi yang memberikan berbagai strategi dapat membantu untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa permainan yang dapat memahamkan konsep matematis dengan model pengembangan ADDIE. Pengujian media pembelajaran ini dilakukan dengan uji kevalidan, kepraktisan dan keefektifan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan masuk dalam kategori sangat valid. Kepraktisan media pembelajaran masuk dalam kategori sangat praktis dan keefektifan media pembelajaran termasuk dalam kategori efektif dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 79% dan berdasarkan analisis data menggunakan uji t sampel berpasangan (paired sample t test) menunjukkan bahwa signifikansi yang diperoleh sebesar 0.021, yang mana lebih kecil dari 0.05, dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Game go-prolin; Pemahaman konsep matematis; Sistem persamaan linear; Tiga variabel; ADDIE
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 12 Sep 2022 08:47
Last Modified: 12 Sep 2022 08:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16622

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics