Hubungan prestasi belajar pendidikan agama islam dengan karakter peduli lingkungan dan peduli sosial siswa kelas X SMA Negeri 1 Batangan Tahun pelajaran 2020/2021

Walidani, Alfina Nur (2021) Hubungan prestasi belajar pendidikan agama islam dengan karakter peduli lingkungan dan peduli sosial siswa kelas X SMA Negeri 1 Batangan Tahun pelajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1703016159_ALFINA_NUR_WALIDANI] Text (SKRIPSI_1703016159_ALFINA_NUR_WALIDANI)
1703016159_Alfina Nur Walidani_Full Skripsi - Lidania Alfin.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis (1) hubungan antara Prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dengan karakter peduli lingkungan pada siswa kelas X SMA N 1 Batangan (2) hubungan antara Prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dengan karakter peduli sosial pada siswa kelas X SMA N 1 Batangan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dengan jumlah 75 responden. Pengumpulan data menggunakan menggunakan metode dokumentasi untuk data prestasi belajar Pendidikan Agama Islam, sedangkan data karakter peduli lingkungan dan peduli sosial dengan menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi product moment.
Berdasarkan analisis data dapat diperoleh hasil sebagai berikut: (1) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dan karakter peduli lingkungan. Hal ini dibuktikan dari nilai rhitung lebih kecil dari rtabel (0,050<0,227 untuk signifikasi 5% dan 0,295 untuk signifikansi 1%). Dan diperoleh thitung= 0,478 < ttabel=1,99 (signifikansi 5%) dan 2,64 (signifikasi 1%). (2) terdapat hubungan yang signifikan antara prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dan karakter peduli sosial. Hal ini dibuktikan dari nilai rhitung lebih besar dari rtabel (0,362<0,227 untuk signifikasi 5% dan 0,295 untuk signifikansi 1%). Dan diperoleh thitung= 2,950< ttabel=1,99 (signifikansi 5%) dan 2,64 (signifikasi 1%).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar Pendidikan Agama Islam; karakter peduli lingkungan; peduli sosial
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 20 Aug 2022 03:57
Last Modified: 20 Aug 2022 03:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16658

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics