Perbandingan metode CPM dan PERT terhadap kurva S dalam menganalisis penjadwalan proyek : studi kasus pembangunan sanitasi, cuci tangan, dan MCK di Pondok Pesantren Gedongan Cirebon

Ismail, Irvant (2021) Perbandingan metode CPM dan PERT terhadap kurva S dalam menganalisis penjadwalan proyek : studi kasus pembangunan sanitasi, cuci tangan, dan MCK di Pondok Pesantren Gedongan Cirebon. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1708046029_Irvant Ismail] Text (Skripsi_1708046029_Irvant Ismail)
Skripsi_1708046029_Irvant Ismail.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penjadwalan merupakan metode yang digunakan untuk menyusun beberapa kegiatan dengan terstruktur untuk mempermudah dalam melakukan aktivitas. Seiring berjalannya pembangunan proyek penjadwalan memiliki peranan penting dan berkembang dengan berbagai metodenya. Tujuan dari penjadwalan adalah untuk menjalankan sebuah proyek dengan terstruktur sehingga menghindari keterlambatan.
Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder dari PT ABC di Cirebon. Data aktivitas proyek pembangunan pada bulan Juni 2021 akan dianalisis pada penelitian ini. Langkah-langkah dalam penelitian ini yaitu merumuskan masalah, pengumpulan data, analisis data, serta penarikan kesimpulan. Teknik perhitungan hasil penelitian ini menggunakan bantuan software POM-QM.
Hasil dari Penelitian penyelesaian proyek dengan Metode CPM ( Critical Path Method ) mendapatkan lintasan kritis pada aktivitas A,C,H,I,O,P,Q dan durasi proyek yaitu 17 minggu, penyelesaian Metode PERT ( Program Evaluation Review Technique ) diperoleh hasil yaitu 19 minggu dengan probabilitas selesai yaitu 97%, dan Kurva S menganalisa proyek akan selesai dalam waktu 16 minggu. Proyek diselesaikan dilapangan pada minggu ke 18 dengan biaya total Rp.232.002.447. Sehingga dapat dikatakan Metode CPM dan PERT lebih baik dibandingkan kurva S dalam menganalisa proyek pembangunan sanitasi, cuci tangan, dan MCK di Pondok Pesantren Gedongan Cirebon

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Penjadwalan proyek; Critical path method; Program evaluation review technique; Kurva S
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 519 Probabilities and applied mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 44201 - Matematika
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 27 Sep 2022 03:35
Last Modified: 27 Sep 2022 03:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16681

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics