Tinjauan hukum Islam terhadap jual beli buku Lembar Kerja Siswa (LKS) di sekolah (studi kasus SDN 02 Turunrejo Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal)

Aini, Nurul (2022) Tinjauan hukum Islam terhadap jual beli buku Lembar Kerja Siswa (LKS) di sekolah (studi kasus SDN 02 Turunrejo Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal). Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1402036009_Nurul Aini_Lengkap] Text (Skripsi_1402036009_Nurul Aini_Lengkap)
1402036009_NURUL AINI_Full Skripsi - Nurul Aini Tasrip.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh praktik jual beli buku lembar kerja siswa di Sekolah Dasar Negeri 02 Turunrejo Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal. Dimana dalam praktiknya tidak ada kejelasan harga yang disepakati serta kurangnya keterbukaan dalam harga. Jual beli buku lembar kerja siswa tentunya harus menurut rukun dan syarat syarat-syarat yang telah ditentukan dalam syari’at Islam. Jual beli buku lembar kerja siswa adalah jual beli yang saling menguntungkan antara guru dengan murid juga pihak sekolah dengan penerbit, sehingga praktik jual beli buku lembar kerja siswa dapat bermanfaat, dan praktik jual beli tentunya harus menurut syarat-syarat yang telah ditentukan dalam syari’at Islam.
Berdasarkan latar belakang di atas maka dalam penelitian ini terdapat dua rumusan masalah. Pertama, bagaimana praktik jual beli buku lembar kerja siswa di Sekolah Dasar Negeri 02 Turunrejo, Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal. Kedua, bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap praktik jual beli lembar kerja siswa di Sekolah Dasar Negeri 02 Turunrejo Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal.
Jenis penelitian yang akan digunakan adalah jenis penelitian kualitatif, termasuk dalam penelitian normatif-empiris, penelitian yang berdasarkan data primer dengan cara observasi atau wawancara terstruktur dan dokumentasi, kemudian analisis data dilakukan dengan memilih hal pokok yang bersumber dari tempat penelitian dan selanjutnya membandingkanya dengan teori dan dalil yang ada dengan menggunakan analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa. Pertama, para guru dalam melakukan praktik jual beli buku lembar kerja siswa adalah dengan menjadi peran penjual dan pembeli dari pihak penerbit juga tidak disampaikan secara terbuka harga buku lembar kerja siswa dengan para murid juga orang tua murid, juga transaksi yang dilakukan adalah guru dengan murid Kedua, praktik jual beli buku lembar kerja siswa di Sekolah Dasar Negeri 02 Turunrejo Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal. Saat melakukan sebuah akad, mereka banyak yang tidak memperhatikan syarat dan ketentuan jual beli yang diatur dalam syara’. Sehingga dapat dikatakan bahwa jual beli buku lembar kerja siswa di Sekolah Dasar Negeri 02 Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal tidak sah, Semua ulama (empat mazhab) sepakat bahwa yang melakukan akad harus sudah baligh serta memuat rukun saling rela, tidak menaikan harga secara terselubung, dan tidak menjual barang yang fasid, diantaranya cukup rukun dan syarat jual beli. Mayoritas fuqaha sepakat bahwa syarat dan rukun jual beli merupakan dua unsur yang tidak boleh terabaikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Jual beli: Hukum Islam; Lembar Kerja Siswa (LKS)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 12 Sep 2022 08:48
Last Modified: 12 Sep 2022 08:48
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16688

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics