Efektivitas model pembelajaran course review horay terhadap hasil belajar IPA materi pokok getaran dan gelombang pada peserta didik kelas VIII semester genap MTs Nurul Hidayah Karangawen kabupaten Demak tahun pelajaran 2012/2013

Khayati, Nur (2013) Efektivitas model pembelajaran course review horay terhadap hasil belajar IPA materi pokok getaran dan gelombang pada peserta didik kelas VIII semester genap MTs Nurul Hidayah Karangawen kabupaten Demak tahun pelajaran 2012/2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 093611024_Coverdll.pdf]
Preview
Text
093611024_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (510kB) | Preview
[thumbnail of 093611024_Bab1.pdf]
Preview
Text
093611024_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of 093611024_Bab2.pdf]
Preview
Text
093611024_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 093611024_Bab3.pdf]
Preview
Text
093611024_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 093611024_Bab4.pdf]
Preview
Text
093611024_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (988kB) | Preview
[thumbnail of 093611024_Bab5.pdf]
Preview
Text
093611024_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 093611024_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
093611024_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (128kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : Pertama, mendeskripsikan dan menganalisis penerapan model pembelajaran Course Review Horay pada mata pelajaran IPA materi pokok getaran dan gelombang. Kedua, mendeskripsikan dan menganalisis keefektifan penerapan model pembelajaran Course Review Horay terhadap hasil belajar IPA materi pokok getaran dan gelombang pada peserta didik kelas VIII semester genap MTs Nurul Hidayah Karangawen Kabupaten Demak tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di MTs Nurul Hidayah Karangawen Kabupaten Demak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII yang terbagi menjadi dua kelas dengan jumlah peserta didik 79, karena jumalah peserta didik kurang dari 100, maka seluruh populasi dalam penelitian ini dijadikan sampel. Kelas yang dijadikan sebagai sampel adalah kelas VIII A yaitu sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B yaitu sebagai kelas kontrol. Kelas VIII A terdiri dari 39 peserta didik dan kelas VIII B tediri dari 40 peserta didik. Dalam penelitian ini merupakan penelitian populasi karena yang menjadi sampel penelitian ini adalah seluruh populasi.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Dari metode dokumentasi diperoleh data nama dan nilai UTS semester genap peserta didik yang termasuk dalam populasi dan sampel penelitian. Selain itu digunakan metode tes (multiple choice test) untuk memperoleh data tentang hasil belajar. Selain diberi perlakuan kedua kelas diuji keseimbangannya dengan uji normalitas, uji homoginitas, dan uji kesamaan dua rata-rata. Kemudian kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen diberi pembelajaran dengan model pembelajaran Course Review Horay sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional.
Penerapan model pembelajaran Course Review Horay pada pembelajaran IPA Materi Pokok Getaran dan Gelombang pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Genap MTs Nurul Hidayah Karangawen Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2012/2013”, diawali dengan pendahuluan, penyampaian materi, pembentukan kelompok, pemahaman materi, pemberian nilai dan penutup. Pada pelaksanaannya guru hanya sebagai penyampai informasi, fasilitator dan pembimbing. Aktivitas belajar berpusat pada peserta didik, sehingga peserta didik dapat lebih aktif.
Dalam uji hipotesis penelitian menggunakan Uji t-tes. Berdasarkan perhitungan Uji t-tes dengan taraf signifikasi 5% diperoleh thitung = 2.916 sedangkan ttabel = 1.660. Karena thitung > ttabel berarti bahwa nilai rata-rata hasil belajar kognitif peserta didik pada materi pokok getaran dan gelombang dengna model pembelajaran Course Review Horay pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada nilai rata-rata hasil belajar kognitif peserta didik kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, hal ini dapat dilihat dari hasil tes yang menunjukkan bahwa kelas eksperimen mendapat nilai rata-rata lebih tinggi yaitu 74.00, sedangkan kelas kontrol mendapat nilai rata-rata yang lebih kecil yaitu 69.00. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaan Couse Review Horay efektif terhadap hasil belajar IPA materi pokok getaran dan gelombang pada peserta didik kelas VIII semester genap MTs Nurul Hidayah Karangawen Kabupaten Demak tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Course Review Horay; Hasil Belajar; Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 13 Mar 2014 08:02
Last Modified: 13 Mar 2014 08:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1669

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics