Akad kredit emas pada e-commerce Bukalapak dalam perspektif hukum Islam

Syaifudin, Adi (2021) Akad kredit emas pada e-commerce Bukalapak dalam perspektif hukum Islam. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1402036093_Adi Syaifudin_Lengkap] Text (Skripsi_1402036093_Adi Syaifudin_Lengkap)
1402036093_ADI SYAIFUDIN_Lengkap Tugas Akhir - 4-Adi Syaifudin.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Seiring kemajuan teknologi yang semakin berkembang pesat, jual beli emas secara online menjadi trend tersendiri saat ini. Seperti halnya dalam e-commerce Bukalapak, dalam platform tersebut ada salah satu fitur yang disajikan yaitu bukaemas. Dimana setiap orang dapat meng kredit emas secara berjangka dengan ketentuan yang berlaku. Hal ini menjadi permasalahan hukum baru yang begitu menarik untuk dikaji. Dalam Hukum Ekonomi Syari’ah terdapat beberapa perbedaan pendapat dalam hukum jual beli emas secara tidak tunai. Ada beberapa ulama menyatakan melarang tentang persoalan jual-beli emas dengan cara kredit, fuqaha yang melarang imam madhab Syafi’i , Hambali, Hanafi, dan adapula yang mengatakan diperbolehkan. Lalu yang menjadi pertanyaan bagi saya, bagaimana hukum akad jual beli emas dalam fitur bukalapak ini dengan mekanisme dan ketentuan yang telah ditetapkan bukalapak. Untuk itu penulis mencoba meneliti skripsi ini dengan menganalisis Akad Kredit Emas Pada E-Commerce Bukalapak Dalam Perspektif Hukum Islam.
Setelah mendapat permasalahan seperti dipaparkan diatas. Adapun rumusan masalahnya adalah Bagaimana akad pelaksanaan akad kredit emas pada e-commerce bukalapak? Dan Bagaimana tinjauan hukum Islam atas akad kredit emas pada e-commerce bukalapak?
Penelitian ini menggunakan metode kulitatif yang mana sumber data yang digunakan adalah data primer berupa hasil lapangan berupa observasi, dokumentasi dan wawancara serta data pendukung yaitu data sekunder. Dan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif yang melalui metode yang bersifat deskriptif analisis.
Hasil dari penelitian ini adalah menjelaskan terkait akad dalam transaksi kredit di fitur Bukaemas e-commerce Bukalapak sebagaimana ketentuan yang berlaku, pertama login kedalam fitur bukaemas didalam fitur tersebut pengguna sudah bisa mengakses tentang jual beli emas, penarikan kepingan emas dan cicilan emas. Serta menjelaskan secara detail terkait tool-demi tool untuk menggambarkan transaksi akadnya. Menjelaskan pespektif hukum Islam terhadap transaksi kredit emas dalam fitur Bukaemas dalam platform Bukalapak ini, dalam prespektif hukum Islam terdapat dua pendapat yang menghukumi transaksi jual beli akad non tunai. Ada yang berpendapat boleh, pendapat boleh didukung oleh pendapat Ibnu Tamimiyah, Ibnu Qayyim, dan Ulama kontemporer yang sependapat, dan ada juga yang melarang, pendapat ini didukung oleh pendapat mayoritas fuqaha dari mazhab Hanafi, Maliki, Hambali dan Syafi’i serta pendapat As Syaikh Nashirudin Al-Albani.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Akad kredit emas; E-commerce; Hukum Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.272 Islam and politics, fundamentalism
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 12 Sep 2022 08:49
Last Modified: 12 Sep 2022 08:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16694

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics