Problem eksekusi pembagian harta gono-gini berupa bangunan rumah di atas tanah hak milik : studi kasus putusan No.1775/PDT.G/2020/PA.KDL

Hudayana, Muhammad Wildan (2022) Problem eksekusi pembagian harta gono-gini berupa bangunan rumah di atas tanah hak milik : studi kasus putusan No.1775/PDT.G/2020/PA.KDL. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1702011679_Muhammad_Wildan_Hudayana] Text (SKRIPSI_1702011679_Muhammad_Wildan_Hudayana)
1702016079_Muhammad Wildan Hudayana_Full Skripsi_compressed - Muhammad Wildan Hudayana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Harta bersama merupakan salah satu dari sekian macam harta yang dimiliki sesorang. Dalam UU No. 1

Tahun 1974 menyebutkan bahwa dalam suatu perkawinan secara otomatis akan terjadi harta bersama, harta itu diperoleh karena usaha suami atau istri atau suami istri secara bersama-sama, kecuali ditentukan lain dalam perjanjian nikah. Dalam putusan No.1775/Pdt.G/2020/PA.Kdl yang diteliti oleh penulis memiliki problem berupa pelaksanaan eksekusi dalam pembagian Obyek Sengketa Harta Gono-Gini yang berupa bangunan rumah di atas tanah Hak Milik dari suami yang menjadikan putusan tersebut berstatus quo.

Penelitian ini bertujuan memahami hasil putusan hakim dalam putusan perkara No.

1775/Pdt.G/2020/PA.Kdl Menganalisa Dasar Pertimbangan Hakim dan Problem Eksekusi mengenai putusan tersebut yang mengakibatkan obyek sengketa Harta Bersama berupa Bangunan Rumah di atas tanah hak milik sehingga putusan tersebut berstatus quo.

Penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan kasus (Case Approach). Penelitian ini juga dapat dikategorikan sebagai penelitian kepustakaan (Library Research) yang diperoleh dari kepustakaan dan Pengadilan Agama Kendal yang dijadikan bahan kajian. Dalam penulisan data menggunakan analisis kualitatif, dengan cara mendeskripsikan data penelitian atau masalah tersebut kemudian dianalisis. Analisis dalam penelitian skripsi ini dilakukan dengan metode analisis deskriptif.

Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa problem utama dalam eksekusi obyek sengketa berupa bangunan di atas tanah hak milik dikarenakan tidak adanya i’tikad baik dari pihak yang kalah dalam membagi obyek sengketa tersebut, sehingga pihak yang dimenangkan dalam putusan ini mendapatkan kerugian materiil maupun non materiil atas tidak terlaksanakannya putusan tersebut serta Pengadilan Agama yang mengutamakan nilai obyek dibanding penyelesaian eksekusi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Harta bersama; hak milik; peradilan agama
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 27 Aug 2022 02:17
Last Modified: 27 Aug 2022 02:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16707

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics