Hubungan manajemen waktu dan dukungan sosial teman sebaya dengan regulasi diri pada mahasiswa di Pondok Pesantren Mahasiswa (PPM) Al-Hikmah Semarang Barat

Tamara, Diana Ellyn (2021) Hubungan manajemen waktu dan dukungan sosial teman sebaya dengan regulasi diri pada mahasiswa di Pondok Pesantren Mahasiswa (PPM) Al-Hikmah Semarang Barat. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1707016085_Diana_Ellyn_Tamara] Text (Skripsi_1707016085_Diana_Ellyn_Tamara)
Skripsi_1707016085_Diana_Ellyn_Tamara.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris hubungan manajemen waktu dan dukungan sosial teman sebaya dengan regulasi diri mahasiswa di Pondok Pesantren Mahasiswa (PPM) Al-Hikmah Semarang Barat. Hipotesis yang diajukan peneliti adalah adanya korelasi antara manajemen waktu dan dukungan sosial teman sebaya dengan regulasi diri mahasiswa di Pondok Pesantren Mahasiswa (PPM) Al-Hikmah Semarang Barat. Sampel penelitian yang termasuk dalam penelitian ini adalah 140 mahasiswa yang ada di PPM Al-Hikmah Semarang Barat. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan tiga skala yaitu, skala manajemen waktu, skala dukungan sosial teman sebaya dan skala regulasi diri. Metode analisis data menggunakan analisis korelasi dengan bantuan SPSS versi 22.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif antara manajemen waktu dan dukungan sosial teman sebaya dengan regulasi diri ( r = 842, p = 0,000 <0,05), yang berarti bahwa semakin tinggi manajemen waktu dan dukungan sosial teman seabaya maka semakin tinggi regulasi diri pada mahasiswa.

ABSTRACT:
This study aims to empirically examine the correlation between time management and peer social support with student self-regulation at the Pondok Pesantren Mahasiswa (PPM) Al-Hikmah Seamarang Barat. The hypothesis proposed by the researcher is that there is a correlation between time management and peer social support with student self-regulation at the Al-Hikmah Islamic Boarding School (PPM) West Semarang. The research sample included in this study were 140 students at PPM Al-Hikmah, West Semarang. The measuring instrument in this study used three scales, namely, the time management scale, the peer social support scale and the self-regulation scale. The data analysis method used correlation analysis with the help of SPSS version 22.0 for windows. The results showed that there was a positive relationship between time management and peer social support and self-regulation (r = 842, p = 0.000 <0.05), which means that the higher time management and peer-to-peer social support, the higher self-regulation in students.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen waktu; Dukungan sosial; Teman sebaya; Regulasi diri; Mahasiswa; Pondok pesantren
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 73201 - Psikologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 27 Aug 2022 01:41
Last Modified: 27 Aug 2022 01:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16708

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics