Pengaruh kecerdasan emosi dan dukungan sosial terhadap penerimaan orang tua pada anak berkebutuhan khusus di SD Suryo Bimo Kresno Semarang

Inayah, Anisatul (2022) Pengaruh kecerdasan emosi dan dukungan sosial terhadap penerimaan orang tua pada anak berkebutuhan khusus di SD Suryo Bimo Kresno Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1707016106_Anisatul_Inayah] Text (Skripsi_1707016106_Anisatul_Inayah)
Skripsi_1707016106_Anisatul_Inayah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penerimaan orang tua pada anak berkebutuhan khusus adalah ungkapan kasih sayang, keterikatan, perhatian, dukungan yang diberikan oleh orang tua untuk anak. Anak yang diterima akan memiliki rasa percaya diri dan memiliki jiwa sosial yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris adakah pengaruh kecerdasan emosi dan dukungan sosial terhadap penerimaan orang tua pada anak berkebutuhan khusus di SD Suryo Bimo Kresno Semarang. Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif regresional, yang bertujuan untuk melihat adanya hubungan yang saling mempengaruhi antar variabel dan untuk memprediksi seberapa berpengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh. Sedangkan analisis data menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai uji t untuk t hitung variabel kecerdasan emosi adalah t hitung 5,312 > 2,022 (t tabel), artinya kecerdasan emosi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap penerimaan orang tua anak berkebutuhan khusus. pada variabel dukungan sosial nilai t hitung adalah 3,119 > 2,0221 (t tabel), artinya dukungan sosial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap penerimaan orang tua anak berkebutuhan khusus. Hasil uji F hitung adalah (51,897) > 3,23 (F tabel). Hal tersebut menyatakan bahwa kecerdasan emosi dan dukungan sosial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap penerimaan orang tua pada anak berkebutuhan khusus.

ABSTRACT:
Parents' acceptance of children special needs is an expression of affection, attachment, attention, support given by parents' acceptance to children. Children who are accepted will have self-confidence and have a good social spirit. This study aims to empirically test whether there is an influence of emotional intelligence and social support on the parents' acceptance of children with special needs at SD Suryo Bimo Kresno Semarang. This study uses a quantitative regression approach, which aims too see the interrelationships between variables and predict how much influence the independent bariables have on the dependent variable. Sampling in this study using saturated sampling. While the data analysis using multiple linear regression analysis method. Based on the results of the study, it was shown that the t-test value for the t-count emotional intelligence variable was t-count 5.312 > 2.201 (t table), meaning that emotional intelligence had a significant influence on the parents' acceptance of children with special needs. on the social support variable, the t-count value is 3.119 > 2.201 (t table), meaning that social support has a significant influence on the parents' acceptance of children with special needs. The result of the calculated F test is (51.897) > 3.23 (F table). It states that emotional intelligence and social support have a significant influence on the parents' acceptance of children with special needs.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Penerimaan orang tua; Anak berkebutuhan khusus; Kecerdasan emosi; Dukungan sosial
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Conscious mental processes and intelligence
300 Social sciences > 305 Social groups > 305.9 People by occupation and miscellaneous social statuses
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 73201 - Psikologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 27 Aug 2022 03:21
Last Modified: 27 Aug 2022 03:21
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16721

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics