Pengaruh intensitas menghafal Al qur’an terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Al-qur’an hadis di sdSD Terpadu Darunnajah Mranggen Demak
Rahmawati, Nugraini Tri (2021) Pengaruh intensitas menghafal Al qur’an terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Al-qur’an hadis di sdSD Terpadu Darunnajah Mranggen Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
1803016164_NUGRAINI TRI RAHMAWATI_FULL SKRIPSI - Nugraini Rahmawati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Proses Pendidikan dapat berjalan baik apabila masing-masing komponen pendidikan berjalan baik sesuai peranannya. Begitu pula program yang dilaksanakan di SD Terpadu Darunnajah Mranggen Demak. Selain mata pelajaran agama menjadi prioritas, menyajikan juga mata pelajaran umum yang tidak terlepas dari nilai-nilai Islam yang dipandu oleh Al Qur’an. Usaha yang dilakukan SD Terpadu Darunnajah Mranggen Demak adalah berusaha untuk mencetak lulusan yang sukses dan berhasil dalam aspek akademik maupun non akademik. Banyak sekali faktor yang mempengaruhi keberhasilan tersebut, salah satunya adalah membiasakan siswa-siswanya untuk berfikir Qur’ani. Penerapan tersebut diterapkan dalam metode hafalan Al Qur’an yaitu hafalan juz ‘amma. Dengan diselenggarakannya program tersebut di sekolah maka diharapkan para siswa dapat mengikutinya dengan baik sebagai penunjang untuk meningkatkan pengetahuan di bidang mata pelajaran Al Qur’an Hadis. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh intensitas menghafal Al Qur’an terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Al Qur’an Hadis di SD Terpadu Darunnajah Mranggen Demak. Penelitian ini dilaksanakan di SD Terpadu Darunnajah Mranggen Demak, dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa metode observasi, metode kuesioner dan metode tes. Populasi meliputi seluruh siswa SD Terpadu Darunnajah Mranggen Demak dan sampelnya meliputi siswa kelas IV SD Terpadu Darunnajah Mranggen Demak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh antara intensitas menghafal Al Qur’an terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Al Qur’an Hadis. Hal ini dibuktikan dengan hasil Fhitung (425,9) > F (4,10 ) untuk signifikansi 5%, sehingga hipotesis diterima. Besarnya pengaruh intensitas menghafal Al Qur’an terhadap kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran Al Qur’an Hadis adalah 87%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Intensitas; Menghafal Al Qur’an; Kognitif dan Al Qur’an Hadis. |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ukhtiya Zulfa |
Date Deposited: | 27 Aug 2022 03:32 |
Last Modified: | 27 Aug 2022 03:32 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16726 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year