Analisis Hukum Islam terhadap pernikahan siri online

Najib, Muhammad Aminun (2021) Analisis Hukum Islam terhadap pernikahan siri online. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1702016156_Muhammad_Aminun_Najib] Text (SKRIPSI_1702016156_Muhammad_Aminun_Najib)
1702016156_Muhammad Aminun Najib_Lengkap - Aminun Najib.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penyelenggaraan perkawinan dimasa pandemic covid-19 terjadi terhambat, sehingga munculah penyesuaian dalam acara perkawinan dalam hal ini akad nikah dan penyelenggaraan walimah agar bisa tetap terselenggara. Perkembangan teknologi yang semakin canggih menjadi perantaranya. Salah satunya adalah melakukan akad nikah via online melalui aplikasi video call. Tujuan peneletian ini untuk mengkaji dan menganalisis keabsahan penyelenggaraan akad nikah via online, sehingga harus ditemukan solusinya yang konkrit.
Jenis penelitian yang dilakukan ini merupakan penelitian pustaka (library reseach), yaitu bersumber dari buku-buku atau karya-karya ilmiah yang relevan dengan masalah yang diteliti, melalui metode bersifat deskriptif analisis dengan cara mengumpulkan data sekunder meliputi buku, kitab, jurnal, yang mempunyai relevansi dengan penelitian yang penulis bahas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Akad nikah via online menggunakan aplikasi video call berbasis internet tidak dapat diperkenankan atas sebab keharusan ittihad majlis (satu majlis) secara fisik. Sedangkan perluasan makna ittihad majlis yang dikatakan dapat terealisasi secara daring mengandung kelemahan yang beresiko besar karena sejumlah factor yakni: nikah adalah ibadah, persyaratan al-mu’ayanah, peluang manipulasi, ketimpangan konektivitas, dan terdapat ketentuan pemerintah yang memiliki derajat seperti qanun. Kemudian mengenai nikah siri yang dilakukan adalah sah menurut agama tetapi tidak sah menurut Negara karena pernikahan tersebut tidak dicatatkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam; pernikahan online; pernikahan siri; pandemi Covid-19.
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 27 Aug 2022 06:25
Last Modified: 27 Aug 2022 06:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16734

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics