Pengaruh strategi pembelajaran mind mapping berbasis konstruktivistik terhadap hasil belajar kognitif dengan kontrol inteligensi dan motivasi belajar mata pelajaran fikih di MAN 1 Kota Semarang
Ridwan, Ridwan (2021) Pengaruh strategi pembelajaran mind mapping berbasis konstruktivistik terhadap hasil belajar kognitif dengan kontrol inteligensi dan motivasi belajar mata pelajaran fikih di MAN 1 Kota Semarang. Dr/PhD thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Disertasi_1400039090_Ridwan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (5MB)
Abstract
Dalam rangka meningkatkan hasil belajar fikih, perlu adanya strategi pembelajaran yang teruji secara empiris yang sesuai dengan karakateristik materi dan pembelajar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) pengaruh strategi pembelajaran mind mapping berbasis konstruktivistik terhadap hasil belajar kognitif mata pelajaran fikih dengan kontrol inteligensi (kecerdasan) dan (2) pengaruh strategi pembelajaran mind mapping berbasis konstruktivistik terhadap hasil belajar kognitif mata pelajaran fikih dengan kontrol motivasi belajar.
Penelitian ini menggunakan desain eksperimen yang dilaksanakan di MAN 1 Kota Semarang. Sebagai sampel penelitian adalah 30 siswa kelas 11, yang secara acak dipilih dan dikelompokkan ke dalam 2 kelas, eksperimen dan kontrol. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes (hasil belajar), angket (motivasi belajar) dan dokumentasi (inteligensi/kecerdasan). Selanjutnya, data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik Analisis Varian (Anava) sederhana dan Analisis Kovarian (ANAKOVA).
Hasil analisis data menemukan bahwa strategi pembelajaran mind mapping berbasis konstruktivistik memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar fikih siswa, jika tingkat kecerdasan/inteligensi dan motivasi belajar mereka dikontrol. Hal ini menunjukkan bahwa jika tingkat kecerdasan sama, hasil belajar fikih yang dicapai siswa yang mengikuti strategi pembelajaran mind mapping berbasis konstruktivistik lebih tinggi dari pada yang dicapai oleh oleh mereka yang mengikuti strategi pembelajaran konvensional. Demikian juga, jika tingkat motivasi sama, hasil belajar fikih siswa yang mengikuti strategi pembelajaran mind mapping berbasis konstruktivistik lebih tinggi dari pada yang dicapai oleh mereka yang mengikuti strategi pembelajaran konvensional. Dengan hasil-hasil ini, hipotesis penelitian diterima karena telah didukung secara empiris.
ABSTRACT:
In order to improve fiqh learning outcomes, it is necessary to have empirically tested learning strategies that macth the characteristics of the subject matter and learners. This study aims to examine: (1) the effect of constructivist-based mind mapping learning strategies on cognitive learning outcomes of fiqh subjects with control of intelligence and (2) the effect of constructivist-based mind mapping learning strategies on cognitive learning outcomes of fiqh subjects with control of learning motivation.
This study used an experimental design which was carried out at grade 11 of MAN (State Islamic High School) 1 Semarang. It involved a sample of 30 students randomly selected and grouped into 2 classes, experimental and control. Data were collected by using a test (for learning outcomes), a questionnaire (learning motivation), and documentation (intelligence). Furthermore, the collected data were analyzed by using a simple Analysis of Variance (ANOVA) and Analysis of Covariance (ANCOVA).
The results of data analysis found that the constructivist-based mind mapping learning strategy has a significant influence on students' fiqh learning outcomes, if their level of intelligence/intelligence and learning motivation are controlled. This indicates that if the level of intelligence is the same, the fiqh learning outcomes achieved by students who follow the constructivist-based mind mapping learning strategy are higher than those achieved by those who follow the conventional learning strategy. Likewise, if their level of learning motivation is equal, the fiqh learning outcome of students joining the constructivist-based mind mapping learning strategy are higher than that achieved by those who follow conventional learning strategies. With these results, the research hypotheses are accepted because they have been empirically supported.
Item Type: | Thesis (Dr/PhD) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi pembelajaran; Mind mapping; Konstruktivistik; Hasil belajar kognitif; Inteligensi; Motivasi belajar; Fikih |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Doktor (S3) > 76003 - Studi Islam (S3) |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 03 Sep 2022 03:18 |
Last Modified: | 03 Sep 2022 03:18 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16754 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year