Tradisi hantaran sapi dalam lamaran pada masyarakat Pakis Aji Jepara dalam perspektif hukum Islam

Kurniawan, Iga (2020) Tradisi hantaran sapi dalam lamaran pada masyarakat Pakis Aji Jepara dalam perspektif hukum Islam. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Tesis_1700018040_Iga_Kurniawan] Text (Tesis_1700018040_Iga_Kurniawan)
Tesis_1700018040_Iga_Kurniawan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Di Pakis Aji Jepara terdapat tradisi lamaran yang menggunakan sapi sebagai hantaran. Di beberapa desa yang menjadi objek penelitian, yakni Plajan, Tanjung dan Lebak tradisi tersebut masih mencapai 80% dalam perkawinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana pelaksanaan tradisi peminangan atau lamaran yang menggunakan sapi di Pakis Aji. Selain itu tradisi peminangan atau lamaran sapi ini ditinjau dari sudut pandang hukum Islam dengan pendekatan ‘urf dan ijma’. Lokasi penelitian ini berada di Kecamatan Pakis Aji Kabupaten Jepara dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara dalam pengumpulan data, sedangkan teknis analisis data yang digunakan adalah sosiologis normatif.
Hasil dari penelitian tersebut adalah Pelaksanaan hantaran sapi di Pakis Aji dimulai oleh orang kaya yang menikahkan anaknya. Dia berinisiatif memberikan sapi untuk kemaslahatan kedua anaknya dalam menjalani rumah tangganya kelak, kemudian pihak perempuan memberikan kambing sebagai balen dari sapi yang diberikan tersebut. Akan tetapi kemudian, motif hantaran sapi yang semula untuk kemaslahatan anak-anaknya, kini berubah menjadi pertaruhan harga diri dan kecenderungan ekonomi. Dalam persepktif hukum Islam tradisi hantaran sapi diperbolehkan berdasarkan pada konsep ‘urf dan juga ijma’ (konsensus) atau kesepakatan tokoh-tokoh masyarakat dalam persoalan duniawi yang tidak bertentangan dengan dalil nash. Dengan demikian tradisi ini sah berkembang dan diikuti oleh mayoritas masyarakat setempat.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Tradisi; Hantaran sapi; Lamaran; Hukum Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
300 Social sciences > 390 Customs, etiquette, folklore > 392 Customs of life cycle and domestic life
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 76103 - Ilmu Agama Islam (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 03 Sep 2022 04:43
Last Modified: 03 Sep 2022 04:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16768

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics