Pendidikan anti-bullying profetik

Rozi, Fakrur (2021) Pendidikan anti-bullying profetik. Southeast Asian Publishing, Semarang. ISBN 978-623-5794-06-8

[thumbnail of Anti Bullying] Text (Anti Bullying)
Pendidikan Anti-Bullying Profetik - SeAP 2021.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Nabi Muhammad dan para sahabat, sering menjadi korban bullying dari kafir Quraisy, munafik maupun kaum Yahudi. Bentuk bullying yang diterima Nabi dan para sahabat beragam, mulai bullying fisik, verbal, maupun relational. Dampak bullying terhadap Nabi dan para sahabat sangat beragam, sesuai dengan kadar bullying yang diterimanya, mulai tingkat ringan, sedang, sampai tingkat paling parah. Mulai luka fisik, berdarah, luka serius, terbunuh, disalib, terusir, tersinggung, menangis, sedih, menderita kelaparan dan sebagainya.
Nabi pantang menyerah. Nabi mendidik sahabat dengan iman, Islam dan ihsan, serta melakukan berbagai metode dan strategi untuk meminimalisir perilaku bullying. Metode pendidikan antibullying yang diterapkan Nabi: uswah ḥasanah, central figure, menjadi contoh bagi sahabat, tidak pernah melakukan bullying, menyuruh para sahabat melakukan perbuatan-perbuatan baik, serta melarang dan mengecam perilaku bullying. Strategi pendidikan anti-bullying, misalnya: sabar dan istiqamah dalam berdakwah, memerdekakan budak, dakwah secara rahasia dan menghindari konfrontasi, berdoa, meminta perlindungan kepada Abū Ṭālib dan Khadījah, hijrah ke Habasyah, Ṭāif dan Madinah, mempersaudarakan kaum Muhajirin dan Anṣar, strategi politik melalui Piagam Madinah, maupun amnesti massal pada waktu fatḥu Makkah.
Sukses Nabi dalam proses perjuangan mendidik para sahabat, penerapan metode dan strategi beliau dalam menyikapi perilaku bullying, karena beliau menerapkan nilai-nilai pendidikan antibullying yang meliputi: keadilan, kesetaraan manusia, persaudaraan, cinta dan kasih sayang, serta perdamaian. Nabi berhasil membawa perubahan yang sangat mendasar pada karakter masyarakat. Perilaku-perilaku jahiliyyah yang sudah sangat lama menjadi karakter masyarakat, perlahan hilang, berganti menjadi tradisi profetik.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam; Anti-Bullying; Profetik
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 12 Sep 2022 05:56
Last Modified: 12 Sep 2022 05:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16791

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics