Konsep Islam nusantara analisis arkeologi pengetahuan (Michel Foucault)

Mubarokah, Siti Linda Lailatul (2022) Konsep Islam nusantara analisis arkeologi pengetahuan (Michel Foucault). Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1404016026_Siti Linda Lailatul Mubarokah_Lengkap] Text (Skripsi_1404016026_Siti Linda Lailatul Mubarokah_Lengkap)
1404016026_SITI LINDA LAILATUL MUBAROKAH_Full Skripsi - LINDA LAILATUL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi munculnya wacana Islam Nusantara yang diusung oleh NU dan menarik perhatian dari berbagai kalangan. Yang mana wacana Islam Nusantara ini merupakan Islam yang khas Indonesia dan dianggap sebagai sebuah cara keislaman yang dapat dijadikan contoh untuk muslim dunia. Namun wacana Islam Nusantara ini belum terkonsep dan terdefinisi dengan pasti. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab bagaimana analisis arkeologi pengetahuan dalam konsep Islam Nusantara dan bagaimana peran Islam Nusantara untuk Indonesia dan dunia. Skripsi ini merupakan penelitian pustaka (library research) dengan menggunakan metode kualitatif, sedangkan pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan sumber-sumber kepustakaan baik dalam bentuk buku, jurnal, dan berbagai referensi lainnya. Peneliti menggunakan metode penelitian analisis deskriptif kualitatif, yaitu penyusunan dan penggambaran data yang diperoleh menurut apa adanya. Hasil yang didapatkan dari penelitian tersebut adalah Konsep Islam Nusantara ini akan menjadi sebuah identitas di masyarakat sebagai Islam Indonesia yang dapat memberikan implikasi toleransi terhadap kebudayaan dan menjadi wadah dari inti-inti ajaran Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Islam Nusantara; Arkeologi Pegetahuan; Foucault
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.261 Islam and philosophy
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76237 - Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 12 Sep 2022 08:14
Last Modified: 12 Sep 2022 08:14
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16798

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics