Pengaruh intensitas bimbingan ḥifẓ Al-Qur’ān, kecerdasan spiritual Islam dan pola asuh orang tua terhadap perilaku prososial peserta didik MAN Kendal
Ashfa, Uly Natiqotul (2021) Pengaruh intensitas bimbingan ḥifẓ Al-Qur’ān, kecerdasan spiritual Islam dan pola asuh orang tua terhadap perilaku prososial peserta didik MAN Kendal. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Tesis_1900018033_Uly_Natiqotul_Ashfa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (8MB)
Abstract
Seiring kemajuan zaman dan teknologi yang semakin meningkat, semakin meningkat pula problematika dalam hidup manusia, banyak orang cenderung egois dan berbuat untuk mendapatkan suatu imbalan (materi). Sikap ini yanng mengakibatkan kurang optimalnya perilaku prososial. pentingnya perilaku prososial yang harus dimiliki sebagai wujud kualitas diri, sehingga dibutuhkan beberapap faktor untuk meningkatkannya. Tujuan penelitian ini yakni untuk memeroleh hasil kajian lapangan yang berkaitan tentang pengaruh intensitas bimbingan ḥifẓ al-Qur’ān terhadap perilaku prososial peserta didik MAN Kendal, kecerdasan spiritual Islam terhadap perilaku prososial peserta didik MAN Kendal, pola asuh orang tua terhadap perilaku prososial peserta didik MAN Kendal, dan intensitas bimbingan ḥifẓ al-Qur’ān, kecerdasan spiritual Islam, dan pola asuh orang tua berpengaruh secara bersama-sama terhadap perilaku prososial peserta didik MAN Kendal. Pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif dengan sampel penelitian sebanyak 149 responden dari 261 populasi. Teknik pengambilan sampel yaitu proposional random sampling, dan teknik pengambilan data dengan menggunankan angket untuk menjaring data variabel (X1) yaitu intensitas bimbingan ḥifẓ al-Qur’ān, variabel (X2) yaitu kecerdasan spiritual Islam, variabel (X3) yaitu pola asuh orang tua, dan variabel (Y) yaitu perilaku prososial.
Data penelitian yang telah didapatkan kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis regresi sederhana dan berganda. Pengujian hipotesis penelitian menghasilkan bahwa : (1) nilai t hitung > t tabel yaitu 8,991 > 1, 974 pada taraf sig. 5% dalam analisis regresi sederhana variabel X1 terhadap Y, sehingga dapat disimpulkan bahwa intensitas bimbingan ḥifẓ al-Qur’ān memiliki pengaruh terhadap perilaku prososial. (2) nilai t hitung > t tabel yakni 8,331 > 1, 974 dengan taraf sig. 5% dalam analisis regresi sederhana X2 terhadap Y, sehingga kecerdasan spiritual Islam memiliki pengaruh terhadap perilaku prososial. (3) nilai t hitung > t tabel yaitu 4,234 > 1, 974 dengan taraf sig. 5%. Dalam analisis regresi sederhana X3 terhadap Y, sehingga pola Asuh orang tua memiliki pengaruh terhadap perilaku prososial. (4) Intensitas bimbingan ḥifẓ al-Qur’ān, kecerdasan spiritual Islam, dan pola asuh orang tua secara bersama memiliki pengaruh terhadap perilaku prososial. Hal ini ditunjukan dari nilai F reg = 32,24, dan nilai Ftabel pada taraf signifikan 5% 2,67. Sehingga F reg = 32,24 > dari F tabel dan hasilnya positif dan signifikan. Adapun sumbangan pada varian yaitu 0, 40016 = 40%. Ini berarti bahwa pengaruh intensitas bimbingan hifz al-Qur’ān, kecerdasan spiritual Islam dan pola asuh orang tua secara bersama-sama sebesar 40% terhadap perilaku prososial peserta didik MAN Kendal dan sebesar 60% dipengaruhi oleh faktor lain.
ABSTRACT:
Along with the progress of the times and increasing technology, the problems in human life are also increasing, many people tend to be selfish and act to get a (material) reward. This attitude resulted in less than optimal prosocial behavior. the importance of prosocial behavior that must be possessed as a form of self-quality, so it takes several factors to improve it.The purpose of this research is the effect of the intensity of ḥifẓ al-Qur'ān guidance on the prosocial behavior of Kendal MAN students, the influence of Islamic spiritual intelligence on the prosocial behavior of Kendal MAN students, the effect of parenting on the prosocial behavior of Kendal MAN students, The influence of the intensity of ḥifẓ al-Qur'ān guidance, Islamic spiritual intelligence, and parenting patterns on the prosocial behavior of Kendal MAN students. This research is a quantitative research with a research sample of 149 respondents from 261 populations. The sampling technique is proportional random sampling, and the data collection technique uses a questionnaire to collect data on the variable (X1), namely the intensity of ḥifẓ al-Qur'ān guidance, the variable (X2) is Islamic spiritual intelligence, the variable (X3) is parenting Patterns, and the variable (Y) is prosocial behavior.
The research data that has been obtained then analyzed by using simple and multiple regression analysis. Testing the research hypotheses resulted that: (1) the value of t count > t table, namely 8.991 > 1.974 at the sig level. 5% in simple regression analysis of the X1 variable against Y, so it can be concluded that the intensity of ḥifẓ al-Qur'ān guidance has an influence on prosocial behavior. (2) the value of t arithmetic > t table that is 8.331 > 1.974 with sig level. 5% in a simple regression analysis of X2 against Y, so that Islamic spiritual intelligence has an influence on prosocial behavior. (3) the value of t arithmetic > t table is 4.234 > 1.974 with a level of sig. 5%. In simple regression analysis X3 against Y, so that parenting patterns have an influence on prosocial behavior. (4) The intensity of ḥifẓ al-Qur'ān guidance, Islamic spiritual intelligence, and parenting patterns of parents together have an influence on prosocial behavior. this is indicated by the value of F reg = 32.24, and the value of Ftable at a significant level of 5% 2.67. So F reg = 32.24 > from F table and the result is positive and significant. The contribution to the variance is 0. 40016 = 40%. This means that the influence of the intensity of al-Qur'an hifz guidance, Islamic spiritual intelligence and parenting patterns together is 40% on the prosocial behavior of Kendal MAN students and 60. % is influenced by other factors.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perilaku prososial; Peserta didik; Bimbingan ḥifẓ Al-Qur’ān; Kecerdasan spiritual Islam; Pola asuh; Orang tua |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 76103 - Ilmu Agama Islam (S2) |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 13 Sep 2022 03:27 |
Last Modified: | 13 Sep 2022 03:27 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16808 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year