Konstruksi identitas digital di kalangan generasi Z selama pandemi covid-19 : studi kasus mahasiswa UIN Walisongo Semarang

Nafisah, Ainun (2021) Konstruksi identitas digital di kalangan generasi Z selama pandemi covid-19 : studi kasus mahasiswa UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1604016051_Ainun-Nafisah_lengkap] Text (Skripsi_1604016051_Ainun-Nafisah_lengkap)
1604016051_Ainun-Nafisah_Full Skripsi - Inun Inuns.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Ainun Nafisah (1604016051), Konstruksi Identitas Digital di Kalangan Generasi Z Selama Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Mahasiswa UIN Walisongo Semarang). Internet telah membawa perubahan besar dalam kesadaran dan psikologi manusia. Realitas virtual tidak hanya mengelilingi, tetapi juga melibatkan kita dalam setiap prosesnya. Dimensi sosial teknologi berperan dalam pembentukan identitas masyarakat. Transformasi kemajuan ini membawa serta dampak perubahan terhadap dialektika pengetahuan yang berlangsung, tidak terkecuali untuk Mahasiswa UIN Walisongo Semarang. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana karakteristik generasi Z Mahasiswa UIN Walisongo Semarang dan konstruksi identitas yang terbentuk di kalangan generasi Z UIN Walisongo Semarang serta dialektika kehidupan dan pengetahuannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus menggunakan teknik kuisioner terbuka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; pertama, generasi Z Mahasiswa UIN Walisongo Semarang memiliki disiplin diri dalam hal berteknologi dan berpengetahuan. Kedua, identitas digital generasi Z Mahasiswa UIN Walisongo Semarang terbentuk dan terkonsruksi paling masif terjadi selama pandemi Covid-19 berlangsung. “Diri” yang terwujud dalam identitas digital memanifestasikan pola, perilaku, serta etika dalam berteknologi oleh Mahasiswa UIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Identitas digital; Cyborg; Heterotopia; Pandemi covid-19; Disiplin diri; Generasi Z
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 170 Ethics (Moral philosophy) > 173 Ethics of family relationships
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76237 - Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 13 Sep 2022 03:44
Last Modified: 13 Sep 2022 03:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16809

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics