Wacana mode islami muslimah dalam Majalah Gema terbitan industri kecil menengah : analisis teori relasi kuasa Michael Foucault

Sari, Indah Kumala (2022) Wacana mode islami muslimah dalam Majalah Gema terbitan industri kecil menengah : analisis teori relasi kuasa Michael Foucault. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1604016067_Indah Kumala Sari _Lengkap] Text (Skripsi_1604016067_Indah Kumala Sari _Lengkap)
1604016067_INDAHKS_Full Skripsi - Indah Kumala Sari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB)

Abstract

Gaya hidup wanita muslimah menjadi trend masa kini yang mengakibatkan orang menganggap salah mengenai konsep gaya hidup wanita muslimah saat ini dan sering menjadi target dari komoditas industri gaya hidup. Majalah gema sebagai agen penerobosan ideologi tampak dari perubahan peta penerbitan majalah di Indonesia kearah yang lebih popular untuk beradaptasi dengan tuntutan pasar Muslim dan kebutuhannya akan gaya yang hadir menawarkan mitos- mitos identitas Islam terkini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; yang pertama, bagaimanakah wacana mode islami muslimah dalam majalah gema. Kedua, bagaiamanakah relasi kuasa dalam wacana mode islami muslimah dalam majalah gema. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif berupa penelitian kepustakaan. Hasil penelitian; pertama, wacana yang ada dalam majalah gema ini didukung oleh menteri perindustrian sehingga melahirkan wacana bahwa busana muslim bagian dari bahan komoditi yg bisa dijadikan industri untuk kelas menengah, wacana yang ada memberikan pemahaman bahwa berbusana modis tidak hanya milik kaum kelas atas saja, tapi kelas menengah juga bisa memasuki dunia itu melalui produksi, pemasaran, sampai dengan konsumsi, dalam wacana yang ada menunjukan bahwa majalah gema lebih bersifat moderat, karena tidak ada penguatan dalil- dalil nash tekstual yang tertera di dalam wacananya lebih menghargai proses kreativitas. Kedua, relasi kuasa pada disiplin tubuh ini, yang dijelaskan oleh Foucault membuat kita mengerti bahwa tubuh dapat patuh pada aturan- aturan psikologi tertentu, di samping juga pengaruh sejarah dan budaya. Dengan kata lain, bahwa tubuh yang dipatuhkan atau didisiplinkan melalui relasi kuasa dan pengetahuan di dalamnya, sesungguhnya dibentuk oleh industri- industri seperti halnya wacana mode islami muslimah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Wacana mode islami, Majalah Gema; Relasi kuasa; Michael Foucault
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 101 Theory of philosophy
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76237 - Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 14 Sep 2022 07:12
Last Modified: 14 Sep 2022 07:12
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16812

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics