Komunikasi transendental tradisi macanan dalam perspektif Mulla Sadra : studi di Desa Kisik Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik

Jammah, Salimatul (2021) Komunikasi transendental tradisi macanan dalam perspektif Mulla Sadra : studi di Desa Kisik Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1704016042_Salimatul Jammah_Lengkap] Text (Skripsi_1704016042_Salimatul Jammah_Lengkap)
1704016042_Salimatul Jammah_Lengkap Tugas Akhir - 88-Salimatul Jammah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Komunikasi Transendental Tradisi Macanan dalam Perspektif Mulla Sadra (Studi di Desa Kisik Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik)”. Permasalahan yang akan dibahas dalam skripsi ini meliputi: (1) Bagaimana proses berlangsungnya kesenian Macanan di Desa Kisik Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik? (2) Bagaimana perspektif Mulla Sadra terhadap komunikasi transendental yang ada dalam kesenian Macanan di Desa Kisik Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik?. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam hal ini peneliti menggunakan metode analisis deskriptif yang mengacu pada teori al-Hikmah al-Muta’liyah (Theosophy Transendental) Mulla Sadra dengan tujuan memperoleh gambaran yang jelas terhadap komunikasi transendental yang terdapat pada kesenian Macanan di Desa Kisik. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Kesenian Macanan dalam masyarakat Kisik merupakan sebuah tradisi bercorak religius terbalut syair dan kesenian mistik. (2) Komunikasi dalam kesenian Macanan merupakan wujud komunikasi teologis atau komunikasi transendental antara Tuhan dengan makhluk-Nya. Pengalaman spiritual kesenian Macanan dalam perspektif Mulla Sadra merupakan Safar min al-khalq ila al-Haq atau perjalanan makhluk menuju Tuhan, berupa kesadaran terhadap misteri terdalam dari Wujud (existence) atau terdapat ada dalam kemurniannya yang azali dan kesadaran terhadap Wujud yang Universal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Macanan; Komunikasi transendental; Mulla sadra
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 367 General clubs
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76237 - Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 17 Sep 2022 04:15
Last Modified: 17 Sep 2022 04:15
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16837

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics