Upacara Ngasa di Dusun Jalawastu di Desa Ciseureuh Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes : studi living Qur’an

Huda, Alda Alamul (2021) Upacara Ngasa di Dusun Jalawastu di Desa Ciseureuh Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes : studi living Qur’an. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1604026039_Alda_Alamul_Huda] Text (SKRIPSI_1604026039_Alda_Alamul_Huda)
1604026039_ALDA ALAMUL HUDA_FULL SKRIPSI - alda alamul huda.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Living Qur'an pada hakekatnya kajian dari fenomena Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari khususnya upacara ngasa pada Dusun Jalawastu Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes. Dengan kata lain. Cara memfungsikan Al-Qur'an ini muncul dari praktik menafsirkan Al-Qur'an yang tidak mengacu pada pemahamanya. tetapi berdasarkan asumsi bahwa itu terdiri dari unit-unit tertentu dari teks Qur’an. Dan juga menjelaskan bagaimana rumusan masalah yang di sebutkan dalam peneliti adalah sejarah upacara ngasa dan bagaimana sejarah asal usul upacara ngasa itu terjadi serta makna simbolik dan nilai serta relevansi arti Upacara Ngasa pada nilai Al-Qur’an. Tujuan pada peneliti ini adalah tradisi upacara Ngasa hal-hal yang mengenai Qur’an khususnya Living Qur’an yang hidup dikalangan masyarakat pada saat tradisi itu di laksanakan. Tradisi ini terjadi pada saat selasa kliwon mangsa kasanga hari ini di ambil dari adat kebudaayan para dewan kokolot di Dusun tersebut.
Dengan menggunakan Penelitian Kualitatif dengan pendekatan fenomologis serta teori Semiotik. Data ini diambil dari dua sumber, yaitu sumber primer dan sekunder. Dalam sumber primer penelitian menggunakan buku buku, jurnal yang terkait dengan teori Living Qur’an serta menjelaskan Upacara Ngasa dan instrument yang digunakan observasi dan wawancara langsung kemasyarakat di Dusun Jalawastu Desa Cisuereuh Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes Dan para dewan kokolot berserta pemangku adat di dusun tersebut. Dalam sumber Sekunder peneliti juga mengambil Dokumentasi mengenai upacara Ngasa di dusun Jalawastu dan arsip dalam cagar budaya propinsi kabupaten ataupun arsip yang ada di dusun Jalawastu dan kalangan para masyarakat yang dianggap penting di Dusun Jalawastu Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes.
Dalam hal ini wawancara berserta observasi dalam peneliti bahwasanya hasil yang dihasilkan dalam Masyarakat jalawastu tidak lepas dalam keyakinan dalam sebelum agama masuk disini sebelum agama hindu, budha dan islam. Setelah agama islam masuk konsep pesembahan kepada Batara Windu Buana sekarang diganti dengan konsep sedekah atas pada nilai Al-Qur’an serta makna simbolik pada upacara ngasa secara teori Semiotik Charles Sander Pierce. Dalam teori ini, proses penafsiran simbol (tanda) meliputi empat komponen utama, yaitu: relasi, proses, tipologi, dan fungsi. Masyarakat melaksanakan upacara ini pada selasa kliwon mangsa kasanga yang ditetapkan oleh dewan kokolot dan kepala dusun. Adapun pelaksanaan upacara Ngasa ada berbagai macam tahapanya. Dengan adanya pelaksanaan tersebut relevansinya adalah sebagai rasa syukur kepada Allah SWT.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Al-Qur’an; living Quran; Ngasa; Dusun Jalawastu
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1226 Interpretation and Criticism
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 20 Sep 2022 04:26
Last Modified: 20 Sep 2022 04:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16874

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics