Implementasi nilai-nilai ekosufisme pada Komunitas Jepara Green Generation

Meylani, Shela (2021) Implementasi nilai-nilai ekosufisme pada Komunitas Jepara Green Generation. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1704046085_Shela Meylani_Lengkap] Text (Skripsi_1704046085_Shela Meylani_Lengkap)
1704046085_SHELA MEYLANI_FULL SKRIPSI.docx - Shela Meylani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Maraknya bencana alam disebabkan oleh ulah manusia sendiri. Pemanfaatan SDA dilakukan secara eksploitasi dengan mengabaikan aspek lingkungan hidup. Faktanya, masih banyak masyarakat yang bersikap apatis terhadap lingkungan. Maka dari itu, dibutuhkan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Perubahan dilakukan mulai dari diri sendiri, karena perubahan masyarakat berasal dari kolektifitas perubahan individu-individu. Disamping itu, para aktivis lingkungan mulai gencar melakukan edukasi lingkungan dan kegiatan-kegiatan yang konservatif.
Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana komunitas Jepara Green Generation mampu menumbuhkan nilai-nilai ekosufisme.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data tersebut akan dianalisis menggunakan IPA (Interpretative Phenomenological Analysis).
Hasil dari penelitian ini mengemukakan bahwasannya setiap kegiatan-kegiatan Komunitas Jepara Green Generation mampu menumbuhkan nilai-nilai ekosufisme dan berkembang seiring dengan aktivitas peduli lingkungan yang dilakukan.
Melalui penelitian ini, peneliti menyampaikan makna dari sikap peduli lingkungan. Dan berharap penelitian ini dapat dijadikan masukan untuk pembahasan mengenai peduli lingkungan ataupun ekosufisme.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Ekosufisme; Kesadaran lingkungan; Jepara Green Generation
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.4 Sufism > 297.41 Sufi theology
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 27 Sep 2022 06:47
Last Modified: 27 Sep 2022 06:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16922

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics