Manajemen BAZZNAS Kabupaten Grobogan dalam pemberdayaan mustahiq

Amaliah, Zulfatin Nurul (2022) Manajemen BAZZNAS Kabupaten Grobogan dalam pemberdayaan mustahiq. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1501036141_Zulfatin_Nurul_Amaliah] Text (Skripsi_1501036141_Zulfatin_Nurul_Amaliah)
Skripsi_1501036141_Zulfatin_Nurul_Amaliah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Nama: Zulfatin Nurul Amaliah NIM: 1501036141. Pengelolaan zakat secara professional dilakukan dengan saling keterkaitan antara berbagai aktivitas yang terkait dengan zakat. Dalam hal ini keterkaitan tersebut antara pengelolaan, pendayagunaan, serta pengawasan. Mengingat pentingnya fungsi manajemen dalam pengelolaan zakat. Skripsi ini membahas tentang pengelolaan zakat yang terdiri dari 3 rumusan masalah. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu manajemen program baznas Kabupaten Grobogan, manajemen penditribusian baznas kabupaten Grobogan dan manajemen evaluasi program baznas kabupaten Grobogan dalam pemberdayaan mustahiq.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen program baznas Kabupaten Grobogan dalam pemberdayaan mustahiq, bagaimana manajemen penditribusian baznas Kabupaten Grobogan dan bagaimana manajemen evaluasi program baznas kabupaten Grobogan dalam pemberdayaan mustahiq. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya dengan menggunakan tahapan-tahapan analisis data dari Miles dan Huberman yakni tahapan pengumpulan data, reduks data, penyajian data, verifikas, dan penarikan kesimpulan. Adapun uji keabsahan data yang dilakukan peneliti untuk menguji keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa manajemen pengelolaan zakat yang dilakukan oleh baznas kabupaten Grobogan melalui proses manajemen yang terarah yakni dengan perencanaan program, pengorganisasian lembaga, pendistribusian dana sera pengawasan program. Perencanaan program dilaksanakan berdasarkan perundang-undangan serta peraturan pemerintah yang telah ditetapkan dalam rencana strategi badan amil zakat nasional kab. Grobogan tahun 2017-2022. Dalam pendistribusan zakat dibedakan menjadi dua komponen, pertama pendistribusian yang bersifat konsumtif guna kebutuhan pokok mustahiq , kedua pendistribusian yang bersifat produktif dalam pemberdayaan mustahiq guna menjadi mustahiq yang lebih berkembang dan mampu untuk mengentaskan kemiskinan. Evaluasi manajemen program dalam penelitian ini memalui pengawasan yang diambil dari 2 pihak. Pihak pertama yaitu pengawasan pada pihak amil selaku pengelola baznas kabupaten Grobogan oleh komis pengawas yang tidak secara rutin terjadwal dilaksankan karena rangkap jabatan, kedua pengawasan pada pihak mustahiq yang meliputi survey kelayakan calon mustahiq, kajian lapangan yang berkaitan dengan potensi personal maupun potensi wilayah guna menentukan usaha yang akan diberikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen zakat; BAZNAS; Mustahiq; Kabupaten Grobogan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Erica Visiyam
Date Deposited: 28 Sep 2022 10:30
Last Modified: 28 Sep 2022 10:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16947

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics