Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran Al-Qur'an Hadits kelas IV di MIT Nurul Islam Ngaliyan Semarang.
Rohani, Sri Nur (2013) Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran Al-Qur'an Hadits kelas IV di MIT Nurul Islam Ngaliyan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
093911063_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (944kB) | Preview
093911063_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (76kB) | Preview
093911063_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (922kB) | Preview
093911063_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (226kB) | Preview
093911063_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (434kB) | Preview
093911063_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (103kB) | Preview
093911063_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (201kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran Al-Qur'an Hadits Kelas IV di MIT Nurul Islam Ngaliyan Semarang. Kajiannya dilatarbelakangi oleh substansi mata pelajaran Al-Qur'an Hadits yang memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mempraktikkan nilai-nilai keyakinan kegamaan (tauhid) dan akhlaqul karimah dalam kehidupan sehari-hari, serta kecenderungan proses pembelajaran di kelas yang tidak menunjukkan pendidikan karakter, dari desain perencanaan yang masih cenderung berpusat kepada guru, KBM yang terjadi tidak kontekstual dengan kehidupan anak dan evaluasi akhir yang jarang dilakukan. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: "Bagaimanakah implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran Al-Qur'an Hadits kelas IV di MIT Nurul Islam Ngaliyan Semarang?". Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di MIT Nurul Islam Ngaliyan Semarang. Datanya diperoleh dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Semua data dianalisis dengan pendekatan fenomenologis dan analisis diskriptif. Metode analisis yang digunakan ada tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Kajian ini menunjukkan bahwa: penerapan pendidikan karakter dalam pembelajaran Al-Qur'an hadits kelas IV di MIT Nurul Islam dilakukan dengan cara memberikan pemahaman, pembiasaan dan keteladanan kepada peserta didik. Pemahaman diberikan dengan cara menjelaskan secara mendalam, memberi ceramah, cerita atau nasihat. Pembiasaan diberikan dalam bentuk: membaca Al-Qur'an dengan benar, menghafal juz 'amma, dan membiasakan untuk jujur, disiplin, cinta ilmu, kreatif dan menghargai prestasi. Sedangkan Keteladanan yang diberikan guru ialah dengan mencontohkan bagaimana cara membaca Al-Qur’an yang benar sesuai ilmu tajwid, disiplin, sopan santun dan peduli.
Penerapan penilaian pendidikan karakter dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan belum memiliki standar (indikator) yang ditetapkan, sehingga belum diketahui secara pasti apakah penerapan pendidikan krakter yang dilakukan sudah berhasil atau belum.
Selanjutnya penelitian ini diharapkan dapat memberi kontribusi bagi lembaga pendidikan khususnya MIT Nurul Islam Ngaliyan Semarang sehingga dapat meningkatkan kualitas proses pendidikan karakter dalam pembelajaran Al-Qur'an Hadits.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran; Pendidikan Karakter; Al-Qur'an Hadits |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 19 Mar 2014 08:56 |
Last Modified: | 15 Nov 2021 08:22 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1699 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year