Implementasi manajemen dakwah pada Koperasi Serba Usaha Syariah (KSUS) Surya Perkasa Lamongan

Hisbullah, M. Ardian Choiru Tasbihi (2022) Implementasi manajemen dakwah pada Koperasi Serba Usaha Syariah (KSUS) Surya Perkasa Lamongan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1601036032_M_Ardian_Choiru_Tasbihi_Hisbullah] Text (Skripsi_1601036032_M_Ardian_Choiru_Tasbihi_Hisbullah)
Skripsi_1601036032_M_Ardian_Choiru_Tasbihi_Hisbullah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini ditulis oleh M. Ardian Choiru Tasbihi Hisbullah (1601036032) dengan judul: IMPLEMENTASI MANAJEMEN DAKWAH PADA KOPERASI SERBA USAHA SYARIAH (KSUS) SURYA PERKASA LAMONGAN. Penelitian ini merupakan salah satu upaya penulis untuk mencoba mengetahui bagaimana implementasi manajemen dakwah di Koperasi Serba Usaha Syariah (KSUS) Surya Perkasa Lamongan dan apa saja faktor pendukung dan penghambat di Koperasi Serba Usaha Syariah (KSUS) Surya Perkasa Lamongan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian kualitatif deskriptif yaitu data yang terkumpul berbentuk kata-kata, gambar bukan angka-angka. Jika terdapat data yang berbentuk angka-angka, sifatnya hanya sebagai penunjang. Data primer adalah data yang diperoleh dari Pengurus Koperasi Serba Usaha Syariah (KSUS) Surya Perkasa Lamongan. Data sekunder adalah data yang diperoleh dari dokumentasi, arsip, struktur organisasi, internet dan buku-buku yang ada relevansinya dengan Implementasi manajemen dakwah. Metode pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Manajemen Dakwah dalam Pengelolaan Koperasi Serba Usaha Syariah (KSUS) Surya Perkasa Lamongan adalah: (1) Dalam Implementasi Manajemen Dakwah di Koperasi Serba Usaha Syariah (KSUS) Surya Perkasa Lamongan menggunakan fungsi manajemen dakwah yaitu: perencanaan dakwah (takhthith), pengorganisasian dakwah (Thanzim), penggerakan dakwah (tawjih), dan pengendalian dan evaluasi dakwah (Riqabah). (2) Sedangkan factor pendukung dan penghambat adalah, factor pendukung: lokasi yang mudah dijangkau, pelayanan prima terhadap nasabah, masyarakat mulai tertarik pada koperasi yang sistem operasionalnya berbasis syariah. Adapun factor penghambatnya adalah: Pengetahuan masyarakat masih minim tentang koperasi simpan pinjam Koperasi Serba Usaha Syariah (KSUS) Surya Perkasa Lamongan, tingkat pesaing tinggi, berprasangka baik terhadap nasabah, kurangnya kesadaran dari anggota.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen dakwah; Dakwah Islam; Koperasi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Erica Visiyam
Date Deposited: 02 Oct 2022 13:50
Last Modified: 02 Oct 2022 13:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17013

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics